Dark/Light Mode

Program Tapera Baru Dilaksanakan Tahun 2027

Firman Soebagyo: Masih Cukup Waktu Untuk Persiapan

Minggu, 9 Juni 2024 07:50 WIB
Firman Soebagyo, Anggota Badan Legislasi DPR
Firman Soebagyo, Anggota Badan Legislasi DPR

 Sebelumnya 
Tapera akan berlaku pada 2027. Bagaimana tanggapan Anda?

Kita sambut baik kalau memang ditunda oleh Pemerintah. Tapi, pada prinsipnya, program Tapera itu baik bagi mereka atau pegawai yang belum mempunyai rumah.

Apakah waktu dua tahun cukup untuk mempersiapkan aturan turunannya?

Saya kira, Pemerintah dan DPR masih cukup waktu untuk membuat aturan turunan mengenai Tapera ini. Masih cukup waktu untuk persiapan.

Baca juga : Dimas P Wardhana: Kami Minta Tapera Dibatalkan Saja Deh

Apa saja aturan yang perlu diakomodir?

Yang pertama, perlu dijelaskan bagaimana status pegawai yang sudah mempunyai rumah. Apakah nantinya bisa dialihkan untuk anak dan sebagainya. Ini perlu diperjelas.

Kedua, bagaimana dengan status suami istri yang keduanya sebagai pegawai. Apakah cukup satu saja yang gajinya dipotong atau dua duanya.

Apa lagi?

Baca juga : Wapres Minta Tambahan Kuota Sama Arab Saudi

Penyelenggara Tapera dan anggota Tapera yang dulu, harus diperjelas terlebih dahulu statusnya. Hal ini penting, supaya tidak terjadi tumpang tindih. Saya kira, masih banyak hal lain yang mesti diatur dan disepakati  bersama-sama.

Meski begitu, banyak yang menolak Tapera karena curiga dananya akan dipakai untuk yang lain. Tanggapan Anda?

Nah, soal dana memang perlu dijelaskan ke publik. Misalnya, dana yang dihasilkan dari Tapera ini, tidak untuk kepentingan di luar pengadaan rumah. Dana Tapera ini, tak dipakai untuk infrastuktur atau lainnya.

Masyarakat menolak karena soal kepercayaan. Bagaimana cara Pemerintah untuk mendapatkan kepercayaan publik?

Baca juga : Kata Cak Imin, Peluang Amandemen Terbuka...

Lakukan sosialisasi yang masif ke publik mengenai manfaat Tapera. Yakinkan masyarakat, bahwa dana yang dipotong dari gaji setiap bulan itu aman.

Lebih penting lagi, Pemerintah, khususnya Komite BP Tapera harus melibatkan semua pemangku kepentingan. Unsur pengusaha diajak bicara, pegawai, buruh juga. REN

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak, Halaman 2, edisi Minggu, 9 Juni 2024 dengan judul "Program Tapera Baru Dilaksanakan Tahun 2027, Firman Soebagyo: Masih Cukup Waktu Untuk Persiapan"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.