Dark/Light Mode

Insya Allah 17 Agustus 2022 Diresmikan

LRT Jabodebek Beroperasi Mulai Pukul 05.45 Sampai 23.00 WIB

Selasa, 8 Februari 2022 09:53 WIB
LRT Jabodebek, rencananya akan dioperasikan pada 17 Agustus 2022. (Foto: Humas KAI)
LRT Jabodebek, rencananya akan dioperasikan pada 17 Agustus 2022. (Foto: Humas KAI)

 Sebelumnya 
KAI berencana mengoperasikan hingga 27 trainset LRT Jabodebek per hari. Satu trainset terdiri dari enam unit kereta.

Dengan demikian, akan terdapat 560 perjalanan LRT Jabodebek yang akan melayani 114 ribu pelanggan per hari.

 

Baca juga : BULS Sidrap Siap Suplai Kebutuhan Daging Sapi Di KTI

 

Dalam kondisi normal, 1 trainset LRT Jabodebek berkapasitas 740 pelanggan, dengan konfigurasi 174 duduk dan 566 berdiri.

Namun, dalam kondisi padat, LRT Jabodebek dapat menampung 1.308 pelanggan.

Baca juga : Mulai Besok, KRL Kembali Beroperasi Sampai Pukul 22.00 WIB

Saat ini, terdapat 18 stasiun yang akan dilewati LRT Jabodebek. Yaitu Stasiun Dukuh Atas, Setiabudi, Rasuna Said, Kuningan, Pancoran, Cikoko, Ciliwung, Cawang, TMII, Kampung Rambutan, Ciracas, Harjamukti, Halim, Jatibening Baru, Cikunir I, Cikunir II, Bekasi Barat, dan Jatimulya.

“Saat ini, stasiun-stasiun tersebut sedang dalam tahap pemasangan sistem ticketing dan fasilitas yang ada di stasiun seperti lift, eskalator, tangga manual, toilet, PSD (Platform Screen Door), announcer di stasiun dan di dalam kereta otomatis yang dikendalikan dari pusat, hingga ruang pemeriksaan kesehatan untuk menunjang kenyamanan pelanggan,” kata Joni.

Sampai Januari 2022, progress LRT Jabodebek sudah mencapai 78,78 persen. Pada Januari - Mei, LRT Jabodebek akan dilakukan test commissioning, lalu dilanjutkan dengan trial run pada Juli hingga Agustus, dan dipastikan akan diresmikan pada 17 Agustus 2022.

Baca juga : Hari Ini Layanan SIM Keliling Di Jakarta Mulai Pukul 8 Pagi

Joni mengajak kepada masyarakat untuk tidak perlu ragu dalam menggunakan LRT Jabodebek. Karena seluruh sistem, prasarana, dan sarana LRT Jabodebek dikawal oleh konsultan-konsultan yang berpengalaman.

“Pengoperasian LRT Jabodebek diharapkan mampu memudahkan masyarakat untuk bepergian, serta mendorong pertumbuhan ekonomi pada kawasan yang dilalui," tutup Joni. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.