Dark/Light Mode

Beli Pertalite Dan Solar Wajib Daftar Online

Amanin Kocek Negara Dari Subsidi Tak Tepat Sasaran

Minggu, 3 Juli 2022 06:35 WIB
Ilustrasi. Petugas Pertamina sedang melayani konsumen yang membeli BBM di SPBU. (Foto : Istimewa).
Ilustrasi. Petugas Pertamina sedang melayani konsumen yang membeli BBM di SPBU. (Foto : Istimewa).

 Sebelumnya 
Dalam momen yang tepat ini, lanjut Ani, Pertamina memang perlu melakukan pembatasan penggunaan BBM subsidi jenis Pertalite dan Solar, agar tidak se­makin banyak masyarakat mampu yang juga ikut menikmatinya.

“Tapi kami akan melihat dampaknya secara keseluruhan terhadap ekonomi nasional, baik itu dari sisi inflasi, kemiskinan dan kelompok yang harus dilindungi. Intinya, saat ini kami minta Pertamina kendalikan volume barang yang disubsidi,” katanya.

Baca juga : Sosialisasiin Yang Masif Dulu Deh

Corporate Secretary Pertami­na Patra Niaga Irto Ginting men­erangkan, selama ini lebih dari 60 persen masyarakat mampu atau golongan kaya mengkon­sumsi hampir 80 persen dari to­tal konsumsi BBM bersubsidi.

Sedangkan 40 persen masyarakat rentan dan miskin hanya mengkonsumsi 20 persen dari total subsidi energi tersebut. Jadi, diperlukan suatu mekanisme baru, bagaimana subsidi energi ini benar-benar diterima dan dinikmati yang berhak.

Baca juga : Indonesia Peringkat 1 Transparansi Anggaran Di Asia Tenggara

“Pertamina Patra Niaga selaku yang ditugaskan menyalurkan BBM subsidi juga berinisi­atif, memastikan penyaluran di lapangan ini bisa berjalan lebih tepat sasaran, dengan uji coba awal pencocokan data berbasis sistem atau digital menggunakan MyPertamina,” jelas Irto.

Dipilihnya MyPertamina pun sesuai Peraturan BPH Migas No. 06/2013, penggunaan sistem teknologi IT dalam penyaluran BBM dapat dilakukan.

Baca juga : Kapolri Pastikan Stok BBM Bersubsidi Terjamin Dan Tepat Sasaran

Pada tahap awal, pendaftaran fokus untuk melakukan penco­cokan data antara yang didaftarkan oleh masyarakat dengan dokumen dan data kendaraan yang dimiliki.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.