Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Endus Potensi Kenaikan Investasi Dan Perdagangan

Pebisnis Bentuk KIKT Kawal Investor China

Senin, 25 Juli 2022 06:30 WIB
Pengurus Kadin Indonesia Komite Tiongkok (KIKT) berfoto bersama Menko Marvest Luhit Binsar Panjaitan, Ketua KIKT Boy Thohir, Anggota KIKT Maruarar Sirait dalam acara Perkenalan dan Silaturahmi Pengurus KIKT di Jakarta, Sabtu (23/7/2022). (Foto: Istimewa).
Pengurus Kadin Indonesia Komite Tiongkok (KIKT) berfoto bersama Menko Marvest Luhit Binsar Panjaitan, Ketua KIKT Boy Thohir, Anggota KIKT Maruarar Sirait dalam acara Perkenalan dan Silaturahmi Pengurus KIKT di Jakarta, Sabtu (23/7/2022). (Foto: Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Kerja sama perdagangan dan investasi China dan Indonesia diramal akan terus meningkat. Untuk mengawal potensi itu, pelaku usaha di dalam negeri membentuk Komite Indonesia Tiongkok (KIKT).

Ketua Kadin Komite Indone­sia Tiongkok (KIKT), Garibaldi Thohir mengatakan, komite ini merupakan salah satu komite strategis bagi Kamar dan Dagang Industri (Kadin) Indonesia.

Nilai perdagangan Indonesia dengan China pada 2021 men­capai lebih dari 100 miliar dolar AS atau meningkat 40 persen dari tahun sebelumnya.

Baca juga : Khusus Desa Mandiri, Mendes PDTT Siap Ajukan Regulasi Dana Desa Untuk Rehab Kantor Desa

Boy Thohir-sapaan akrab Garibaldi Thohir mengatakan, perdagangan tersebut diprediksi terus meningkat tahun ini. Total perdagangan Indonesia dan China periode Januari- Mei 2022 telah mencapai hampir 50 miliar dolar AS atau naik 27,5 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada 2021.

“KIKT berkomitmen untuk bahu membahu dengan Pe­merintah memastikan investor Tiongkok dapat menjalankan bisnisnya dengan baik, mendap­atkan mitra terbaik di Indonesia, dan meningkatkan ekspor Indo­nesia ke Tiongkok,” ujar Boy dalam keterangan resminya di acara perkenalan dan silaturahmi pengurus KIKT, kemarin.

Bos Adaro Energy ini men­jelaskan, KIKT akan berusaha mempererat people to people diplomacy dengan China, mela­lui kerja sama UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah), seni budaya, entertainment, dan food diplomacy.

Baca juga : BNPT Gandeng Educational Initiatives

Ia berharap, hubungan baik yang terjalin antara Indonesia-China selama lebih dari 70 tahun akan terus membaik. Khusus­nya dalam hubungan ekonomi. Sehingga dapat mendukung Indonesia untuk meningkatkan pertumbuhan dan melakukan transformasi ekonomi.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, Indonesia telah melaku­kan transformasi ekonomi men­jadi lebih efisien, maju, dan tidak terlalu bergantung pada komodi­tas dalam 8 tahun terakhir.

Menurut Luhut, hal ini dica­pai melalui hilirisasi industri, peningkatan efisiensi melalui digitalisasi, dan transformasi perdesaan.

Baca juga : Bamsoet Minta Para Pihak Tahan Diri dan Percayakan Ke Timsus Bentukan Kapolri

Melalui upaya transformasi ekonomi yang konsisten, kata Luhut, ekonomi Indonesia se­langkah lagi menuju menjadi negara maju.

Dalam satu dekade ke depan, Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia dapat meningkat hing­ga 3,0 triliun dolar AS dengan pendapatan per kapita di kisaran 10 ribu dolar AS.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.