Dark/Light Mode

Transaksi Tahun Lalu Naik 22 Persen

Prospek E-commerce Tahun Ini Menjanjikan

Kamis, 9 Maret 2023 07:30 WIB
Forum Focus Group Discussion (FGD) bertajuk Peran Ekonomi E-commerce Di Indonesia: Tantangan, Peluang dan Kebijakan,’ di Jakarta, Selasa (7/3). (Foto: Dwi Ilhami/Rakyat Merdeka).
Forum Focus Group Discussion (FGD) bertajuk Peran Ekonomi E-commerce Di Indonesia: Tantangan, Peluang dan Kebijakan,’ di Jakarta, Selasa (7/3). (Foto: Dwi Ilhami/Rakyat Merdeka).

 Sebelumnya 
“Tahun politik banyak partai melakukan belanja, mulai dari spanduk, kaos dan lainnya. Begitu juga saat Ramadan, pelaku usaha berpotensi banyak dapat cuan. Karena pendapatan di Ramadan mampu meng-cover pendapatan enam bulan lainnya,” beber Bima.

Menurut Bima, belanja on­line bagi masyarakat Indonesia seperti sudah menjadi gaya hidup, sekaligus menjadi alat untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari.

Namun begitu, perlu strategi agar bisnis bisa bertahan. Menu­rutnya, selain penguatan modal, inovasi harus terus dilakukan. Kepercayaan konsumen juga harus terus dipupuk agar percaya membeli barang di toko online.

Baca juga : Berhadiah Mobil, WOMBASTIS 2022 Periode Kedua Segera Diundi, Ini Tanggalnya

Bima menuturkan, e-com­merce menciptakan lapangan pekerjaan. Misalnya dengan tren live shopping, banyak pelaku usaha maupun marketplace meng-hire talent khusus.

“Terbukti hal itu mampu meningkatkan engagement dan penjualan di e-commerce,” sebutnya.

Terpisah, Pengamat Ekonomi dan Perbankan dari Bina Nusan­tara (Binus) University Doddy Ariefianto melihat, beberapa perusahaan e-commerce yang kolaps karena margin yang didapat kecil. Sementara, modal yang dikeluarkan sangat besar.

Baca juga : ALFI Pede Sektor Transportasi Dan Logistik Bergairah Tahun Ini

Jika ingin bertahan, sambung Doddy, mereka harus menemu­kan model bisnis yang tepat dan efisien.

Menurut dia, saat ini sedang terjadi seleksi alam. Kondisi ini pernah terjadi di China. Di Negeri Tirai Bambu kini hanya menyisakan satu sampai dua perusahaan e-Commerce.

“Itu namanya natural mo­nopoly, tinggal menunggu siapa pemenangnya saja,” ujar Doddy kepada Rakyat Merde­ka, kemarin.

Baca juga : Sekjen MPR Harap Kualitas Kerja Jajarannya Meningkat

Natural monopoly terjadi, sambungnya, karena perusahaan tersebut memiliki sesuatu yang khas dan tidak dimiliki kompeti­tornya. Misalnya, biaya produksi yang paling efisien dan penggu­naan teknologi tertentu.

Menurut dia, perusahaan yang akan bertahan memiliki modal kuat, kreatif dan mem­berikan inovasi.

Doddy melihat, saat ini ke­banyakan e-commerce di In­donesia belum ada user experi­ence yang berbeda signifikan. Sementara, bagi e-commerce yang memakai gimmick harga, disebutnya sebagai strategi yang konvensional. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.