Dark/Light Mode

Di Acara Hannover Messe 2023

Indonesia Kerek Investasi

Senin, 17 April 2023 06:45 WIB
Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto meninjau kesiapan pembukaan atau Opening Ceremony Hannover Messe 2023 di Hannover, Jerman. (ANTARA/HO-Kementerian Koordinator bidang Perekonomian/pri).
Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto meninjau kesiapan pembukaan atau Opening Ceremony Hannover Messe 2023 di Hannover, Jerman. (ANTARA/HO-Kementerian Koordinator bidang Perekonomian/pri).

 Sebelumnya 
“Inflasi relatif terkendali. Per­tumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2022 dapat tumbuh 5,3 persen year on year (yoy), atau tertinggi kedua di G20 setelah Arab Saudi,” jelas Airlangga.

Adapun nilai total perdagangan Indonesia dengan Uni Eropa tercatat mencapai 26 miliar dolar AS, meski masih tertinggal dari Vietnam yang mencatat nilai perdagangan dengan Uni Eropa sebesar lebih dari 60 miliar dolar AS.

Baca juga : Hadir di Ajang Hannover Messe 2023, PLN Usung Tema Transisi Energi dan Keberlanjutan

“Salah satu yang berperan besar pada tingginya nilai perda­gangan bilateral Vietnam dengan Uni Eropa yakni keberadaan perjanjian perdagangan bebas,” kata Airlangga.

Selanjutnya, Airlangga juga menekankan bahwa hubungan kerja sama antara Indonesia dan Uni Eropa dapat ditingkatkan. Salah satunya dengan mendorong percepatan penyelesaian perundingan Indonesia – European Union CEPA (IEU-CEPA) yang sudah dimulai sejak tahun 2016.

Baca juga : Kesiapan Indonesia Di Hannover Messe 2023 Sudah 100 Persen

Dengan kesepakatan IEU-CE­PAtersebut, diharapkan berbagai hambatan perdagangan seperti isu diskriminasi sawit, gugatan terhadap sumber mineral (nikel) di WTO dan isu deforestasi da­pat terselesaikan.

Dia juga menjabarkan terkait potensi resesi Indonesia di tahun 2023 yang hanya 3 persen saja.

Baca juga : Daniil Medvedev Terhenti

Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Pereko­nomian Susiwijono Moegiarso menambahkan, pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2022 yang mencapai 5,31 persen te­lah menimbulkan kepercayaan investor untuk tetap berinvestasi di Indonesia.

Kepercayaan dari dunia ter­hadap kekuatan perekonomian Indonesia tersebut, antara lain juga tercermin dari terpilihnya Indonesia sebagai Presidensi G20 pada 2022 dan Keketuaan ASEAN tahun ini. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.