Dark/Light Mode

PLN UIP Jawa Bagian Barat dan KPPIP Bahas Skema Pemanfaatan Aset BMD dan BUMD

Selasa, 29 Agustus 2023 11:29 WIB
PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Barat (UIP JBB) menggelar rapat koordinasi dengan Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas. (Foto: Dok. PLN UIP Jawa Bagian Barat)
PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Barat (UIP JBB) menggelar rapat koordinasi dengan Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas. (Foto: Dok. PLN UIP Jawa Bagian Barat)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Barat (UIP JBB) menggelar rapat koordinasi bersama Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) guna membahas skema pemanfaatan aset.

Yakni, berupa lahan Barang Milik Daerah (BMD) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) baik yang digunakan secara langsung maupun tidak langsung, untuk pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan yang tengah dikerjakan PLN UIP JBB.

Baca juga : MRT Jakarta Dan Jakpro Jajaki Potensi Kerja Sama Pengembangan Properti

Kegiatan ini digelar di Kota Bogor dengan turut mengundang berbagai stakeholder dari Kementerian terkait, Senin (21/8).

Dalam rapat tersebut selain dari pihak PLN dan KPPIP, hadir pula perwakilan dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Keuangan, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/BPN, Kementerian Badan Usaha Milik Negara dan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/ Bappenas.

Baca juga : HUT RI ke-78, PLN UIP Jawa Bagian Barat Siap Tuntaskan Proyek Ketenagalistrikan

Executive Vice President Konstruksi Jawa, Madura, Bali, Nusa Tenggara, Maluku dan Papua (EVP MKJ) PLN Ratnasari Sjamsuddin mengatakan, terdapat proyek PLN UIP JBB yang melintasi lahan BMD dan BUMD, yang berada di Provinsi DKI Jakarta dan Jawa Barat.

“Saya beserta tim dari PLN UIP JBB melaporkan, proyek-proyek yang saat ini sedang dikerjakan dan melintasi lahan BMD maupun BUMD. Sekaligus, memfollow up kembali terkait rencana penyelarasan peraturan, tentang pemanfaatan lahan BMD dan BUMD untuk pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan,” ujar Ratna, melalui siaran pers, Selasa (29/8).

Baca juga : Habib Jafar Bagikan Cara Redakan Asam Lambung dengan Royalflakes

Menurutnya, beberapa proyek pembangunan yang melintasi aset BMD dan BUMD antara lain SUTET 500 kV Looping Jakarta, SUTT 150 kV Cibinong-Gandaria, SUTT 150 kV Depok II Inc. dan SUTT 150 kV Depok II-Duren Tiga II.

Untuk pemanfaatan tanah secara langsung, kata dia, beberapa lokasi telah dilakukan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Badan Pengelolaan Aset Daerah (BPAD) DKI Jakarta, melalui mekanisme sewa lahan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.