Dark/Light Mode

PLN Siap Genjot Infrastrukturnya

Aturan Kendaraan Listrik Di IKN Lebih Gampang...

Rabu, 22 November 2023 07:20 WIB
Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo. (Foto: Ist)
Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo. (Foto: Ist)

 Sebelumnya 
“Kita tahu, perilaku konsumen di Indonesia, tiap mau beli ken­daraan, mereka tetap berpikir bagaimana harga jual second hand-nya bagaimana nanti,” ungkapnya.

Ia mengakui, sejauh ini masih belum ada investor asing yang masuk ke IKN. Namun ia op­timistis, pembangunan IKNakan terus berlanjut, bahkan di pemerintahan berikutnya.

Namun, setidaknya Presiden Jokowi sudah mulai menanamkan dasar-dasarnya untuk mem­bangun IKN. Karena membangun kota baru tidak mudah dan banyak tantangan.

Baca juga : Infrastruktur Daerah Tidak Boleh Dilupakan

“Sehingga tidak perlu ditarget kapan rampungnya. Biar Pemerintahan selanjutnya yang me­nyelesaikan itu,” tuturrnya.

Terpisah, Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menegaskan komitmennya untuk membangun kelistrikan berbasis energi hijau dan infrastruktur pendukung ekosistem kendaraan listrik di IKN Nusantara.

“Kami mendukung keseriusan Pemerintah membangun IKN Nusantara, dengan konsep kota hutan atau forest city yang pintar, hijau, indah dan ramah lingkungan,” ujar Darmawan melalui siaran pers, kemarin.

Baca juga : Dassault Systèmes Dukung Percepatan Produksi Kendaraan Listrik di Indonesia

Darmo, sapaan Darmawan, menegaskan, seluruh mobilitas di IKN akan menggunakan moda transportasi ramah ling­kungan berbasis listrik.

“Komitmen kami menghadir­kan listrik andal tidak hanya untuk Ibu Kota baru. Tetapi juga sejalan dengan target Net Zero Emis­sions (NZE) 2060, dalam rangka memanfaatkan potensi energi bersih di Indonesia,” katanya.

Untuk itu, ia berencana mem­bangun sekurangnya 19 tambahan SPKLU di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN pada 2024.

Baca juga : Teten Apresiasi MoU Korea Dan Indonesia Dukung Industri Kendaraan Listrik Dalam Negeri

Termasuk menyediakan SP­KLU di kota-kota penyangga IKN, seperti di Balikpapan dan Samarinda.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.