Dark/Light Mode

Jinakkan Harga Beras

Bulog Digeber Blusukan Ke Pasar Ritel Modern

Minggu, 25 Februari 2024 07:05 WIB
Jinakkan Harga Beras Bulog Digeber Blusukan Ke Pasar Ritel Modern

 Sebelumnya 
Bahkan secara nasional, Bulog sudah menyiapkan stok Cadan­gan Beras Pemerintah (CBP) dengan baik guna pelaksanaan program-program Pemerintah, seperti Bantuan Pangan Beras.

“Stok beras yang dikuasai Bulog saat ini ada 1,4 juta ton dan sangat cukup untuk kebutuhan penyaluran Bantuan Pangan Beras sampai dengan Juni,” ujar Erick, saat mendampingi Presiden Jokowi mengecek langsung ketersediaan Cadangan Beras Pemerintah di Gudang Bu­log Batangase Maros, Sulawesi Selatan, Kamis (22/2/2024).

Menurutnya, ketersediaan stok beras tersebut juga cukup untuk penyaluran beras SPHP (Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan), serta menjelang puasa hingga Lebaran.

“Program bantuan beras ini terbukti efektif meredam gejolak harga beras yang terjadi sebagai dampak El Nino,” katanya.

Sementara, Direktur Utama Perum Bulog Bayu Krisnamurthi menerangkan, salah satu tujuan dari program Bantuan Pangan Beras ini untuk mencukupi kebutuhan beras bagi keluarga penerima manfaat.

Baca juga : Idealnya, Setiap Kelurahan Mempunyai Sekolah Negeri

“Mereka yang mendapatkan bantuan tidak perlu lagi pergi ke pasar, mereka punya beras. Bagi keluarga yang tidak dapat pembagian (Bantuan Pangan), bisa membeli beras SPHP yang juga sudah semakin tersedia di mana-mana,” katanya.

Guna menyikapi situasi harga beras yang masih mengalami peningkatan, mulai Selasa (20/2/2024), pihaknya memiliki program Bulog SIAGA (akSI Amankan harGA) untuk menggelontorkan Beras SPHP, beras premium dan komodi­tas pangan lainnya secara langsung kepada masyarakat.

“Hal ini sebagai bentuk intervensi langsung penyediaan ko­moditi kepada konsumen lang­sung,” kata Bayu melalui siaran pers, Selasa (20/2/2024).

Dengan program ini, pihaknya ingin mendekatkan pasokan beras dan pangan lainnya kepada masyarakat, agar tak lagi mengalami kesulitan untuk mem­peroleh komoditi pangan murah.

Sejauh ini, program tersebut dilaksanakan di Wilayah Jakarta dan Jawa Barat, serta diutamak­an di lokasi atau pemukiman padat penduduk. Seperti rumah susun (rusun), kantor kelurahan, kantor kecamatan, kawasan industri dan lainnya.

Baca juga : Chelsea Pede, The Reds Pincang

Dia berharap, program Bulog SIAGA ini mampu mengurangi kontraksi harga, sehingga se­cepat mungkin dapat berdampak pada penurunan tensi harga beras di pasaran.

“Untuk meredam gejolak harga beras, di samping melak­sanakan Bantuan Pangan beras ke 22 juta KPM, Bulog juga gencar menggelontorkan beras SPHP ke seluruh saluran distri­busi yang ada,” katanya.

Terpenting, kata dia, Pemerin­tah menjaga ketersediaan paso­kan komoditi beras dan pangan lainnya dengan kuantitas yang cukup melimpah.

Hal ini menciptakan rasa aman bagi masyarakat dengan menyediakan komoditi pangan yang mencukupi, sehingga upa­ya menormalisasi harga beras saat ini dapat diwujudkan.

Sebelumnya, Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo mengungkapkan, terhambatnya proses distribusi beras memang menjadi salah satu penyebab penyaluran beras SPHP Bulog di pasar ritel modern terganggu.

Baca juga : Merah-Putih Targetkan Juara

“Ya, ada berbagai kendala lo­gistik, tapi kami sudah tahu per­masalahan logistiknya,” ujarnya, usai menghadiri perayaan Hari Pers Nasional (HPN) di Candi Bentar Hall, Putri Duyung Ancol, Jakarta Utara, Senin (19/2/2024).

Meski begitu, Tiko-sapaan akrabnya memastikan, Perum Bulog tengah memasifkan pendistribusian beras. Bahkan, ditargetkan beras SPHP Bulog sudah akan masuk ke semua pasar ritel modern pekan ini.

Selama ini, penyaluran beras memang difokuskan di pasar-pasar tradisional besar. Namun, setelah beras SPHP terpenuhi di pasar tradisional, maka Bulog kembali memenuhi stok di ritel.

Dia mengingatkan, beras SPHP merupakan beras yang dialokasikan dalam program operasi pasar Pemerintah yang dijual dengan harga diskon. Se­lain itu, ada juga beras premium Bulog yang dijual dengan harga komersial. IMA

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak, Halaman 9, edisi Minggu, 25 Februari 2024 dengan judul "Jinakkan Harga Beras Bulog Digeber Blusukan Ke Pasar Ritel Modern"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.