Dark/Light Mode

Pengembangan Electric Boat: Solusi Terbaik untuk Transportasi Modern di Ibu Kota Nusantara Demi Terwujudnya Net Zero Emmision

Selasa, 23 April 2024 13:55 WIB
Ilustrasi electric boat (Gambar: Courtesy Navier)
Ilustrasi electric boat (Gambar: Courtesy Navier)

Alat transportasi modern merupakan alat berpindah manusia atau barang dengan menggunakan bentuk visual yang estetik serta penggeraknya dengan tenaga mesin/listrik, baik di darat udara maupun di sungai/laut. Dalam (Sulestari, 2007) menyebutkan bahwa sistem transportasi dapat dibedakan  menjadi tiga yakni: transportasi laut, udara, darat. Transportasi laut atau selanjutnya disebut angkutan laut merupakan salah satu jenis angkutan perairan yanh didefinisikan sebagai aktivitas untuk mengangkut dan memindahkan penumpang atau barang dengan menggunakan kapal di laut (Boy Anugerah, 2022).

Salah satu transportasi laut yang ada di Kota Balikpapan adalah lintas penyebrangan Kariangau-Penajam. Jalur ini merupakan lintas penyebrangan antar Kota Balikpapan dengan kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) tersebut memiliki Panjang lintasan 6 mil laut atau setara 9,65-10 KM serta menggunakan moda trasportasi penyebrangan kapal boat konvensional yang digerakkan oleh mesin disel, dengan bermesin disel tersebut penyebrangan Balikpapan-Penajam dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih satu jam dua belas menit. (Darmadi et al., 2016). Electric boat merupakan inovasi transportasi modern dengan memanfaatkan penggunaan energi listrik yang diperoleh dari kombinasi Solar Panel, Wind turbine serta charger station (Hybrid System) sebagai energi utama untuk menggerakan boat penumpang sebagai alat transportasi.

Setiap tahun Tingkat emisi karbon di buni makin meningkat secara signifikan yang berpotensi pada terjadinya global warming, dilansir dari katadata.co.id hingga tahun 2021 emisi karbon mengalami kenaikan hingga mencapai 36,3 gigaton CO2 meningkat sekitar 6% dari tahun 2020. Salah satu penyebab utama naiknya Tingkat emisi karbon sebagai pemicu terjadinya pemanasan global di bumi ialah aktivitas manusia sejak terjadinya revolusi industri, Dimana sebagian besar manusia menggunakan energi fosil dalam proses produksi.

Baca juga : Indonesia Dan Finlandia Inovasi Energi Bersih, Komit Dukung Net Zero Emission

Salah satu contoh nyata dampak negatif bagi lingkungan adalah polusi udara yang semakin memburuk secara berefek pada kesehatan tubuh manusia dan makhluk hidup lainnya dengan timbulna penyakit, seperti ISPA, dehidrasi, penyakit kulit, dan masalah pernapasan. Dilihat dari sisi Kalimantan Timur tepatnya kabupaten penajam paser utara sebagai IKN, maka secara tidak langsung Kota Balikpapan merupakan salah satu kota penyangga IKN dengan kondisi geografi Balikpapan dan PPU yang terpisah oleh laut maka transportasi utama saat ini menuju IKN melalui jalur laut yakni kapal. Dilansir dari IAE sektor transportasi memiliki ketergantungan tertinggi pada penggunaan bahan bakar fosil sekitar 37% emisi CO2. Bapak Apat sebagai salah satu pemilik kapal di Pelabuhan Klotok Balikpapan, beliau harus menyiapkan 10-15 liter solar perharinya untuk dapat melakukan penyebrangan sebanyak 5 kali Balikpapan-penajam.

Alat transportasi penyeberangan modern electric boat ini didesain dengan model tipe kapal katamaran pengangkut penumpang, dengan system full-electric yang berarti bahwa seluruh energi yang digunakan dalam kapal boat penumpang ini menggunakan energi listrik yang dibangkitkan dari 3 sumber yakni; panel surya (matahari), turbin angin, serta tambahan system charger station. Dimana energi yang diperoleh dari ke-3 sumber tersebut ditampung pada batrai bank, yang nantinya akan digunakan sebagai sumber energi seluruh system pengoprasian electric boat.

 

Baca juga : Ini Penjelasan Pj. Gubernur Heru Soal Subsidi Transportasi Demi Kenyamanan Warga

Gambar 1.1 Pra-rancangan electric boat 3-deck

Pada inovasi electric boat ini memiliki Panjang kapal sebesar 11,5 M dan lebar 4,1 M. Dimana lebar deck-1 penumpang sebesar 4,1 M dan deck-2 crew kapal dengn lebar 3,9 M serta deck-3 wind turbine dan solar panel 2,7 M, dengan tinggi kapal keseluruhan adalah sebesr 3,5 – 4 dengan tinggi lambung sebesar 1,12 M. Adapun kapasitas pada pra-rancangan electric boat ini menampung kurang lebih sebanyak 30-40 orang termasuk penumpang dan crew kapal, dengan ukuran lebar 60 cm perkursinya.

Baca juga : Transportasi Perbatasan Cerminkan Wajah Terdepan Indonesia

Adapun keunggulan utama dari inovaasi electric boat sebagai alat transportasi modern adalah yang pertama, menggunakan motor AC sebagai mesin penggerak kapal yang memanfaatkan energi baru terbarukan sehingga bersifat ramah lingkungan. Yang kedua, dibandingkan dengan kapal bermesin diesel konvensional, penggunaan penmbangkitan listrik hybrid sangat prospektif diterapkan dikapal-kapal dikarenakan biaya operasional, dan biaya perawatan sistem yang lebih rendah dimana range penggunaan kapal laut yang panjang. Dan yang ketiga, inovasi electric boat memiliki efisiensi penggunaan energi yang cukup signifikan, terlihat dimana electric boat memiliki daya jelajah max ≥ 80 Km dengan kecepatan max ≥ 50 Km/jam dengan range 2 – 3,5 jam penggunaan. Adapun kekurangan dari inovasi electric boat ini adalah kurangnya pemahaman Masyarakat terhadap proses transisi energi di Indonesia, material dengan TDKN yang sukit didapatkan, harga energi baru terbarukan yang relative cukup mahal, dan kebijakan transportasi laut electric masih belum terstruktur.

Dengan target pemerintah Indonesia yakni tercapainya Net Zero Emission, maka perlu sebuah pengembanhan dan implementasi pada sektor transportasi kapal laut penyebrangan yang ada di Pelabuhan Kota Balikpapan. Inovasi terkait moda transportasi jalur laut secara massal seperti kapal penyebrangan dari Balikpapan ke Penajam berpotensi Kembali menjadi produk transisi energi yang berkelanjutan menggunakan energi bersih atau energi baru terbarukan (EBT). Pada artikel ini penulis memberikan rekomendasi yakni Pengembangan Electric Boat: Solusi Terbaik untuk Transportasi Modern di Ibu Kota Nusantara Demi Terwujudnya Net Zero Emission.

Zahrah Salsabila
Zahrah Salsabila
Zahrah Salsabila, Mahasiswa Institut Teknologi Kalimantan. Email: [email protected]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.