Dark/Light Mode

Transisi Pemerintahan Berjalan Lancar

Stabilitas Politik Jadi Modal Buat Transformasi Ekonomi

Minggu, 19 Mei 2024 07:10 WIB
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

 Sebelumnya 
Ani mengatakan, proses tran­sisi yang mulus akan terjadi kar­ena presiden terpilih Prabowo Subianto berkomitmen melan­jutkan program-program anda­lan Presiden Jokowi.

Kebijakan yang akan berlanjut di antaranya investasi untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), program hilirisasi dan pembangunan infrastruktur.

“Pemerintahan yang akan datang juga akan melakukan program reformasi birokrasi seperti era Pak Jokowi. Itu akan menjadi tema kebijakan ke de­pan,” tegasnya.

Baca juga : New Energy Ecosystem Dipuji

Ekonom Center of Reform on Economics (Core) Yusuf Rendy Manilet mengatakan, proses peralihan Pemerintahan Jokowi ke Pemerintahan Prabowo yang diklaim tanpa tim transisi dan melanjutkan program Pemerin­tahan sebelumnya, cukup positif bagi perekonomian Indonesia.

Pemerintahan baru yang di­gadang-gadang akan banyak melanjutkan program Pemerin­tahan lama membuat peralihan Pemerintahan mulus tanpa ada gejolak politik.

“Ini akan sangat diapresiasi pengusaha dan investor. Kar­ena mereka sangat berpatokan pada stabilitas politik dalam berinvestasi atau meningkatkan permodalan untuk mengem­bangkan usahanya,” kata Yusuf kepada Rakyat Merdeka, Jumat (17/5/2024).

Baca juga : Aset-asetnya, Ayo Sita Segera!

Namun begitu, lanjut Yusuf, ada beberapa program baru yang ditawarkan oleh presiden terpilih dan sangat berbeda dari apa yang dijalankan oleh Pemerintahan sebe­lumnya, seperti program makan siang gratis bagi anak sekolah.

Adanya program ini mem­buat Pemerintahan baru punya tantangan besar untuk menye­diakan pendanaannya. Kata dia, bisa saja pajak dinaikkan untuk mengakomodasi pendanaan program tersebut. Pajak yang naik ini pasti berpengaruh pada pengusaha dan investor.

“Hal tersebut harus benar-benar disiapkan antisipasinya agar tidak berdampak negatif bagi perekono­mian,” kata Yusuf. NOV

Baca juga : Warga Rawajati Girang Bisa Umrah Dan Beli Mobil Baru

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak, Halaman 7, edisi Minggu, 19 Mei 2024 dengan judul "Transisi Pemerintahan Berjalan Lancar, Stabilitas Politik Jadi Modal Buat Transformasi Ekonomi"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.