Dark/Light Mode

Di Balik Layanan Pelanggan KAI yang Tak Pernah Berhenti

Rabu, 16 September 2020 08:00 WIB
Foto: Humas KAI
Foto: Humas KAI

 Sebelumnya 
Jika keluhan dari customer/pelapor dapat diselesaikan oleh Agent Contact Center KAI 121 sesuai dengan regulasi yang berlaku maka status keluhan tersebut dianggap tuntas.

Jika perlu penanganan lebih lanjut, Agent Contact Center KAI 121 akan meneruskan keluhan tersebut ke petugas unit terkait melalui telepon/WA Chat/ atau email. Setelah ditindaklanjuti oleh Person In Charge (PIC) atau unit terkait, hasil koordinasinya akan disampaikan kembali ke Contact Center KAI 121.

Selanjutnya, Agent Contact Center KAI 121 menyampaikan informasi tindak lanjut tersebut kepada customer/pelapor, sampai kemudian permasalahan customer/pelapor dengan tuntas.

Baca juga : Penasaran Dengan Program None, Ratusan Ketua RT Datangi Rumah Perjuangan

Semua keluhan yang masuk ke Customer Service di Stasiun dan Contact Center KAI 121, terdokumentasi lengkap di aplikasi Customer Relation Management (CRM).

KAI berkomitmen memberikan pelayanan prima kepada pelanggan. Salah satunya, dengan menerima keluhan dan pertanyaan dari pelanggan kereta api non stop 24 Jam (CC121).

KAI mengatur pola dinas Agent Contact Center KAI 121 agar selalu stand by 7x 24 jam untuk menjawab semua pertanyaan dan keluhanmu. Pola dinas Agent Contact Center KAI 121 diatur secara shifting (secara umum terbagi menjadi pagi, siang, dan malam).

Baca juga : Ini 5 Lokasi Layanan SIM Keliling di Jakarta Hari Ini...

Dalam seminggu, pola kerjanya 5 hari kerja dan 2 hari libur sesuai dengan regulasi pemerintah.

Agent Contact Center KAI 121 harus menguasai Standar Operasional Prosedur (SOP) di KAI, product knowledge KAI, mampu menangani keluhan pelanggan.

Selain itu, ia juga harus cakap menggunakan aplikasi yang dimiliki perusahaan seperti Rail Ticketing System (RTS), Customer Relation Management (CRM), Knowledgebase (Kbase), KAI Access, dan aplikasi lain untuk menunjang pekerjaan.

Baca juga : Milo Virtual Run Donasikan Perlengkapan Olahraga Untuk Sekolah Dasar

Agent Contact Center KAI 121 di KAI secara rutin diikutkan dalam program benchmarking sebagai bahan perbandingan dengan layanan sejenis, baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Frontliner kereta api juga aktif ikut serta dalam ajang kompetisi di bidang pelayanan pelanggan, di tingkat nasional maupun internasional yang diselenggarakan oleh Asosiasi Contact Center Indonesia.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.