Dark/Light Mode

Di Balik Layanan Pelanggan KAI yang Tak Pernah Berhenti

Rabu, 16 September 2020 08:00 WIB
Foto: Humas KAI
Foto: Humas KAI

RM.id  Rakyat Merdeka - Pelayanan  PT Kereta Api Indonesia (Persero) jauh lebih baik. Secara konsisten, KAI melakukan transformasi besar-besaran untuk mengubah image pelayanan perkeretaapian di Indonesia.

Selain peningkatan kualitas produk/jasa yang ditawarkan, KAI terus meningkatkan mutu pelayanan, yang dirasa sangat penting untuk kepuasan pelanggan kereta api.

Sangat wajar, KAI sebagai BUMN operator jasa perkeretaapian di Indonesia memandang penting dan memilih sosok terbaik yang merepresentasikan perusahaan untuk berhadapan langsung dengan pelanggan.

Baca juga : Penasaran Dengan Program None, Ratusan Ketua RT Datangi Rumah Perjuangan

Meskipun seluruh karyawan KAI, pada hakikatnya harus memiliki jiwa melayani. Petugas-petugas inilah yang akan kamu hubungi saat menemukan masalah dan pertanyaan.

Mungkin, mereka juga yang menjadi salah satu faktor kamu memilih kereta api sebagai moda transportasi idaman. Petugas yang terlibat langsung dalam penanganan keluhan dan pertanyaan pelanggan kereta api, di antaranya adalah Customer Service on Station (CSOS), Contact Center KAI 121 (CC KAI 121), dan Kondektur.

Masing-masing dari mereka memiliki tugas dan fungsi yang berbeda-beda seperti Customer Service on Station (CSOS), yang tugasnya memberikan layanan informasi dan menangani keluhan pelanggan di stasiun.

Baca juga : Ini 5 Lokasi Layanan SIM Keliling di Jakarta Hari Ini...

Customer Service di stasiun harus memiliki jiwa melayani yang tinggi, cepat tanggap, dan mengerti kebutuhan pelanggan.

KAI sangat selektif memilih seorang Customer Service, karena mereka merupakan salah satu sosok yang dapat menggambarkan citra perusahaan. Selain berpenampilan menarik, energik, mampu berkomunikasi dengan baik, mereka juga diharuskan memiliki kepribadian baik, ramah serta solutif.

Customer Service on Station (CSOS) akan menerima dan membantu menangani berbagai keluhan dan pertanyaan pelanggan di stasiun. Jika keluhan bisa diselesaikan oleh petugas CSOS, maka kasus akan ditutup/selesai.

Baca juga : Milo Virtual Run Donasikan Perlengkapan Olahraga Untuk Sekolah Dasar

Namun, jika memerlukan penanganan lebih lanjut, maka petugas CSOS akan meneruskan laporan keluhan atau pertanyaan pelanggan ke tim Customer Relation Contact Center KAI 121. Melalui aplikasi Customer Relation Management (CRM), dengan status keluhan terbuka.

KAI juga memiliki Agent Contact Center KAI 121 yang memberikan layanan pemberian informasi, reservasi tiket, permintaan (request) dan menerima keluhan pelanggan kereta api melalui telepon, email, dan media sosial (Facebook/Twitter @KAI121 dan Instagram @KAI121_).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.