Dark/Light Mode

Evakuasi Kapal Karam Dikebut

Operasional Pelayanan Petikemas di Terminal Teluk Lamong Dijamin Lancar

Senin, 16 November 2020 19:51 WIB
Proses evakuasi petikemas (Foto: Dok. TTL)
Proses evakuasi petikemas (Foto: Dok. TTL)

RM.id  Rakyat Merdeka - Direktur Utama PT Terminal Teluk Lamong Faruq Hidayat menjamin pelayanan operasional bongkar muat di pelabuhan yang dipimpinnya berjalan lancar, pasca insiden tenggelamnya Kapal Kargo MV Mentari Crystal.

Hal itu disampaikan Faruq dalam konferensi pers di Surabaya, Senin (16/11).

Baca juga : Kecelakaan Maut di Sleman, Seluruh Korban Dijamin Jasa Raharja

Sekadar latar, Kapal Kargo MV Mentari Crystal yang memuat 137 peti kemas tenggelam di Dermaga Domestik Teluk Lamong, Surabaya, Jawa Timur pada Minggu (15/11) pukul 21.30 WIB. Beruntung, tak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Hingga saat ini, investigasi terhadap peristiwa tersebut masih berlangsung.

Pemasangan oil boom di lokasi karamnya Kapal MV Mentari Crystal di Terminal Teluk Lamong, Surabaya, Jawa Timur. (Foto: Dok. TTL)

“Sejumlah tahap telah kami lakukan untuk menormalkan kembali operasional di Terminal Teluk Lamong. Sesaat setelah kejadian, kami langsung melakukan evakuasi terhadap ABK dan petikemas Kapal MV Mentari Crystal. Setelah itu, kami mengatur dan menyesuaikan skema pelayanan penyandaran kapal di Terminal Teluk Lamong, untuk memastikan pelayanan tetap normal,” papar Faruq.

Baca juga : Diterpa Isu Gender, Yena Pede Bakal Tetap Kantongi Dukungan Masyarakat

Terkait hal ini, Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak Arif Toha mengapresiasi kerja sama dengan kolaborasi yang baik antara pihak Terminal Tanjung Perak dan pemangku kepentingan terkait.

Sehingga, kejadian tersebut bisa segera teratasi dan operasional pelayanan di Terminal Teluk Lamong berjalan baik.

Baca juga : Negara Nordik Konsumsi Kopi Terbanyak di Dunia

“Berkat kesiapsiagaan dan cepatnya koordinasi yang dilakukan oleh Terminal Teluk Lamong, pelayanan bisa berjalan normal kembali dan distribusi logistik lancar. Harapannya, penanganan evakuasi bisa segera terlaksana dengan baik,” ungkap Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak Arif Toha.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Kantor Kesyahbandaran Kelas Utama Tanjung Perak Sudiono mengatakan, saat ini pihaknya fokus pada upaya untuk memastikan keamanan pelayaran. Di samping menjaga kelancaran arus logistik.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.