Dark/Light Mode

Siapkan 5 Jurus Kendalikan Inflasi

Pemerintah Dan BI Fokus Kawal Stabilitas Pangan

Sabtu, 13 Februari 2021 05:42 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. (Foto : Twitter @airlangga_hr).
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. (Foto : Twitter @airlangga_hr).

 Sebelumnya 
Dan kelima, Pemerintah akan terus berupaya menjaga ketersediaan Cadangan Beras Pemerintah (CBP) serta mendukung Pem­berlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

“Sinergi kebijakan pemerintah dan BImelalui implementasi berbagai inovasi program ini di­arahkan untuk menjaga stabilitas pasokan dan kelancaran distri­busi di masa pandemi. Sehingga mampu menjaga inflasi Indeks Harga Konsumen (IHK),” ujar Airlangga.

Baca juga : Ini 5 Langkah Strategis Pemerintah Dan BI Jaga Inflasi

Sebelumnya, Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengatakan, tren inflasi di 2021 akan sejalan dengan pemulihan ekonomi yang diprediksi pulih tahun ini.

“Inflasi sepanjang 2021 diprediksi bakal terkendali di kisaran 2 persen hingga 4 persen year on year (yoy). Kalau Januari masih di bawah 2 persen, dengan ekonomi yang naik maka inflasi akan naik kedepannya,” kata Perry.

Baca juga : Garuda Indonesia Perkuat Bisnis Kargo Udara Di Masa Pandemi

BI bersama pemerintah, papar Perry, akan terus berusaha mengendalikan inflasi dalam sasaran 3 persen plus minus 1 persen.

Dikatakannya, perekonomian Indonesia akan meningkat ta­hun ini sejalan dengan upaya pengendalian virus Corona oleh pemerintah.

Baca juga : Pemerintah Ngandelin Program Kartu Prakerja

“Kami berharap aktivitas masyarakat berjalan dengan normal. Namun tetap dengan disiplin protokol kesehatan,” tegasnya.

Peneliti Center for Indo­nesian Policy Studies (CIPS) Andre Surianta mengamini ke­berhasilan program vaksinasi Covid-19 dapat mempengaruhi kinerja pertumbuhan ekonomi Indonesia. Namun demikian, masyarakat harus tetap melak­sanakan protokol kesehatan. Yakni, menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak (3M). [NOV]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.