Dark/Light Mode

Pengembangan Pabrik Assembagoes Capai 99 Persen

PTPN XI Dongkrak Kapasitas Produksi Gula 1.500 Ton/Hari

Rabu, 17 Februari 2021 05:20 WIB
Proses produksi gula dalam pabrik (ilustrasi). (Foto :  fxcuisine.com).
Proses produksi gula dalam pabrik (ilustrasi). (Foto : fxcuisine.com).

 Sebelumnya 
Ketimpangan tersebut tak ayal menyebabkan petani beralih ke tanaman lain yang lebih menjanjikan. Sehingga, banyak perusahaan akhirnya kesulitan memperoleh bahan baku tebu. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), selama 5 tahun terakhir produksi gula terus tu­run, dari 2,53 juta ton (2015) ke 2,22 juta ton (2019).

Dwi bilang, penyelamatan harga tingkat petani memang mengharuskan adanya penye­suaian harga gula tingkat kon­sumen. Ia menilai Harga Eceran Tertinggi (HET) gula konsumen perlu naik ke level Rp 18 ribu per kilo, dari posisi saat ini Rp 12 ribu per kilo. Sehingga harga pembelian petani bisa mencapai Rp 12 ribu per kilo.

Dalam jangka pendek, sam­bung Dwi, kebijakan ini me­mang akan menimbulkan ge­jolak penolakan di masyarakat. Tapi pada akhirnya akan men­jadi keseimbangan baru. Lalu, Pemerintah dan industri akan diuntungkan, karena tak lagi kesulitan bahan baku.

Baca juga : Komitmen Kembangkan Energi Alternatif, Pertamina Lanjutkan Kajian Gasifikasi Batubara

“Jadi kebutuhan gula dari impor semakin lama bisa kita kurangi,” pungkasnya.

Stok Beras Aman

Sekretaris Perusahaan Bulog Awaludin Iqbal memastikan aman untuk beberapa bulan ke depan.

Baca juga : Holding BUMN Pangan Kerek Produksi Dan Konsumsi Ikan

“Kalau beras, Insya Allah aman. Apalagi, sekarang sudah mulai panen, dan diperkirakan Maret akan memasuki puncak panen,” katanya kepada Rakyat Merdeka, Jumat (12/2).

Karenanya, sambung Awalu­din, seiring dengan mulainya musim panen padi, maka stok beras di masyarakat, baik yang berada di penggilingan, pengec­er, dan rumah tangga akan se­makin kuat.

“Pada saat yang sama, Bulog juga akan meningkatkan volume penyerapannya,” katanya.

Baca juga : Bamsoet: Cerutu Indonesia Tak Kalah Dari Produk Luar Negeri

Dilihat dari situs Bulog, untuk Operasi Pasar Cadangan Beras Pemerintah (OP CBP), tercatat hingga 11 Februari 2021 seban­yak 69.534 ton, dengan realisasi pengadaan sebanyak 20.532 ton per 12 Februari 2021 dan jumlah Rumah Pangan Kita (RPK) se­banyak 100.541. Adapun, pada Jumat (15/1) lalu, stok beras yang dimiliki Bulog diangka sekitar 971.000 ton. [DWI/IMA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.