Dark/Light Mode

Terapkan GCG Buat Tangkal Penyimpangan

BUMN Rentan Kena Serangan Isu Politis

Selasa, 23 Maret 2021 05:27 WIB
Ilustrasi. (Foto : Istimewa).
Ilustrasi. (Foto : Istimewa).

 Sebelumnya 
Karena itu, GCG diharapkan membantu perusahaan mencapai atau bahkan menjaga standar kualitas tertentu. Beroperasi lebih efisien, meningkatkan akses ke permodalan, berkinerja baik, mengurangi risiko dan melindungi terjadinya mismanagement.

“Hal ini pada akhirnya akan membuat perusahaan lebih akuntabel dan transparan. Sehingga dapat menarik minat investor untuk berinvestasi,” pesannya.

Baca juga : Gerakan 1 Juta Sajadah, Puan Berharap Masyarakat Lebih Tenang Beribadah

Di samping itu, penerapan GCG yang juga memberi per­lindungan terhadap investor. Sebab, pelaksanaan GCG akan mengurangi risiko mismanagement, baik oleh pengurus mau­pun pengendali perusahaan. Sehingga pada akhirnya, penerapan GCG akan berkontribusi pada pembangunan.

“Sebab, peningkatan akses terhadap modal tentu akan men­dorong ada investasi baru, yang akan meningkatkan pertumbu­han ekonomi dan menciptakan lapangan kerja,” beber Hosen.

Baca juga : Allianz Indonesia Lewati Tantangan Tahun 2020 Dengan Hasil Positif

Di acara yang sama, Direktur Utama LPPI, Mirza Adityaswara menilai, aturan OJK cukup komprehensif. Karena terdapat aturan terkait sekuritas, pengelo­lah investasi, bursa, Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI) dan emiten.

Menurut mantan Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI) itu, keberadaan aturan yang baru dilansir itu sangat penting untuk penguatan pasar modal.

Baca juga : Yasonna Ingatkan SBY Dan AHY Jangan Kaitkan Kisruh Kudeta Dengan Pemerintah

“Saya melihat penguatan pasar modal positif bagi ekonomi Indonesia. Emiten jadi aman, investor terlindungi dan pendanaan ekonomi jadi semakin besar, ujar Mirza. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.