Dark/Light Mode

Siap Kucurkan Rp 143,96 Triliun Ke INA

Pangeran Uni Emirat Arab Kepincut Proyek Strategis

Selasa, 30 Maret 2021 05:35 WIB
Kota Dubai di Negara Uni Emirat Arab. (Foto : Shutterstock).
Kota Dubai di Negara Uni Emirat Arab. (Foto : Shutterstock).

 Sebelumnya 
Masyita menjelaskan, sebelumnya UAE melalui Abu Dhabi Investment Authority (ADIA) telah ikut berperan penting dalam pembentukan INA. Terutama memberikan masukan terkait pembentukan Sovereign Wealth Fund (SWF) mencakup tata kelola maupun kegiatan komersialnya.

Ke depan, kata Masyita, pihaknya akan terus bekerja keras untuk mengembangkan INA menjadi sebuah SWF ber­taraf internasional.

Dengan model bisnis tersebut, INA dan mitra investor bersama-sama melakukan penyertaan ke­pada perusahaan patungan (fund) sesuai kesepakatan bersama.

Baca juga : Suami Puan Maharani Dapat Durian Runtuh

“Untuk itu, Pemerintah Indo­nesia telah melakukan injeksi modal kepada INA sebesar Rp 15 triliun dan akan ditingkatkan menjadi Rp 75 triliun di tahun 2021, sebagai basis penyertaan modal INA pada fund yang akan dibentuk,” jelasnya.

Duta Besar UEA untuk In­donesia dan ASEAN Abdul­la Salem Obaid Al Dhaheri mengungkapkan, dana bakal difokuskan untuk sektor-sektor strategis di Indonesia, termasuk pembangunan ibu kota baru di Kalimantan Timur.

“Investasi yang dilakukan di Indonesia, misalnya untuk pem­bangunan infrastruktur, jalan, pendidikan dan lain-lain di ibu kota baru,” katanya.

Baca juga : Dana Desa 2021 Buat Penanganan Covid-19

Sektor lain yang menjadi target, antara lain energi terba­rukan, industri strategis dan mi­liter, produksi vaksin Covid-19, alat deteksi Covid-19 berbasis laser serta pertanian dan ketahanan pangan.

Sebelumnya, Menteri Koor­dinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, komit­men UEA ini menunjukkan ting­ginya kepercayaan internasional terhadap Pemerintah Indonesia.

Ke depan, pemerintah ber­harap akan semakin banyak investor lainnya bergabung dan menanamkan investasi di Indo­nesia. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.