Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Ngeluh Minta Izin Impor

Pabrik Gula Di Lamongan Ini Ternyata Punya Stok 15 Ribu Ton Gula Rafinasi

Rabu, 5 Mei 2021 11:54 WIB
Stok gula di gudang PT KTM, Lamongan, Jawa Timur (Foto: Istimewa)
Stok gula di gudang PT KTM, Lamongan, Jawa Timur (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Krisis gula rafinasi yang disebut-sebut memicu bangkrutnya usaha kecil menengah (UKM) di Jawa Timur, belakangan marak mewarnai pemberitaan. Bahkan berujung pada desakan sejumlah pihak, agar PT Kebun Tebu Mas (KTM) Lamongan diberikan izin impor raw sugar alias bahan baku gula.

Satgas Pangan Polda Jatim pun langsung gercep melakukan inspeksi mendadak alias sidak ke PT KTM. Ternyata, setelah diselidiki, ada 15 ribu ton gula rafinasi dan 22 ribu ton gula kristal putih tertimbun di gudang PT KTM.

Baca juga : Ogah Dikaitkan dengan Kasus Asabri, Perusahaan Ini Menolak Asetnya Disita dan Dilelang Kejaksaan

"Temuan ini mengejutkan petugas, karena selama ini PT KTM mengeluh tak mendapat izin impor bahan baku untuk produksi gula rafinasi," kata Tim Satgas Pangan Polda Jatim AKBP Suryono di Surabaya, Kamis (29/4).

"Temuan puluhan ribu ton gula konsumsi dan gula rafinasi ini sekaligus menepis isu krisis gula rafinasi di Jawa Timur. Stok gula untuk Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri dipastikan aman," imbuhnya.

Baca juga : Menteri Sandiaga Butuh 120 Ribu Vaksin Untuk Dua Destinasi

Sidak atau pengecekan lapangan rutin dilakukan satgas pangan. Terutama pada saat Ramadhan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri hingga hari besar lainnya.

"Sidak ini bertujuan mencegah terjadinya gejolak harga secara tidak normal, atau kurangnya pasokan pangan yang memicu kenaikan harga," tandas Suryono. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.