Dark/Light Mode

Gegara Covid, Indonesia Jadi Negara Menengah Bawah

Ayo, Semangat Bangkitkan Ekonomi Melalui Vaksinasi

Minggu, 11 Juli 2021 05:28 WIB
Vaksinasi Covid-19. Ilustrasi (Foto : Istimewa).
Vaksinasi Covid-19. Ilustrasi (Foto : Istimewa).

 Sebelumnya 
Wakil Ketua Umum Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP Hipmi) Eka Sastra mengatakan, program vaksinasi saat ini menjadi salah satu kunci untuk menaikkan kembali status Indo­nesia menjadi negara menengah atas.

“Kami bersama-sama stake­holders mengkonsolidasikan diri untuk membantu percepatan program vaksinasi. Tentunya bersama-sama menyiapkan in­frastruktur secara bergotong royong untuk program-program pengentasan Covid-19 ini,” ujarnya.

Baca juga : Sandi: Hari Belanja Diskon Indonesia Jadi Momentum Bantu Pulihkan Ekonomi

Tak dipungkiri, kata Eka, faktor utama penyebab turun­nya status Indonesia menjadi negara menengah ke bawah sangat dipengaruhi oleh kondisi Covid-19, sehingga menyebab­kan turunnya Produk Domestik Bruto (PDB), ditambah besarnya utang luar negeri.

Eka menilai, tidak mudah bagi Indonesia keluar dari krisis ini. Diperlukan pendekatan dan solusi yang komprehensif dan diperlukan pola pikir yang out of the box.

Baca juga : Bantu Tangani Covid Di Indonesia, Singapura Kirim Peralatan Medis

Sekadar informasi, Bank Dunia membagi perekonomian menjadi empat grup besar ber­dasarkan pendapatannya, yakni low, lower middle, upper middle dan high income. Klasifikasinya diperbarui setiap 1 Juli, dan di­dasarkan pada GNI per kapita dalam dolar AS terkini.

Tercatat ada tujuh negara yang mengalami penurunan, salah satunya Indonesia. Dengan Gross National Income (GNI) per kapita yang turun dari 4.050 dolar AS ke 3.870 dolar AS, maka Indonesia turun dari upper middle menjadi lower middle income. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.