Dark/Light Mode

Yeay, Cakupan Vaksinasi Dosis Lengkap RI Lampaui Target WHO

Rabu, 22 Desember 2021 13:12 WIB
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (Foto: Istimewa)
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkap, cakupan vaksinasi Covid-19 di Indonesia telah berhasil memenuhi target Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada Rabu, 22 Desember 2021.

 

 

WHO menargetkan, setiap negara sekurang-kurangnya harus mencapai target 40 persen dari total populasi yang akan mendapatkan vaksinasi dosis lengkap di akhir 2021.

Baca juga : Pemda Siap-siap Dijewer Tito

“Sampai hari ini, total masyarakat yang sudah kita suntikkan dosis lengkap (fully vaccinated) mencapai 108.412.315 orang atau 40,12 persen. Artinya, kita lebih cepat dari target yang ditetapkan WHO,” kata Menkes.

Tercapainya target vaksinasi tersebut tidak terlepas dari bantuan dan dukungan seluruh komponen bangsa. Seperti TNI, Polri, Kementerian/Lembaga, pemerintah daerah, BUMN, organisasi masyarakat, organisasi keagamaan, pihak swasta serta masyarakat.

“Sejak pemerintah memulai vaksinasi pada Januari lalu, Kementerian Kesehatan terus mendapatkan support dan bantuan dari berbagai pihak. Kami ucapkan terima kasih, karena berkat usaha bersama, cakupan vaksinasi nasional berjalan sesuai yang kita harapkan,” tutur Jokowi.

Saat memulai vaksinasi pada pertengahan Januari lalu, Kementerian Kesehatan menargetkan vaksinasi untuk 208,2 juta orang.

Baca juga : Di Sekolah, Pemkot Bandung Mulai Vaksinasi Anak Usia 6 Hingga 11 Tahun

Dari sejumlah tersebut, sebanyak 154.593.449 orang telah mendapatkan vaksinasi dosis pertama, atau 75 persen dari target. Sebanyak 108.412.315 masyarakat Indonesia telah mendapatkan vaksinasi dosis kedua atau 52 persen dari target.

Dalam upaya mempercepat perlindungan masyarakat Indonesia dari Covid-19, upaya vaksinasi juga diperluas ke kelompok anak usia 6-11 tahun secara bertahap.

Pada tahap pertama, vaksinasi anak berlangsung di 115 Kabupaten/Kota di 19 provinsi. Dengan syarat suatu wilayah telah memenuhi cakupan vaksinasi dosis 1 di atas 70 persen dan cakupan vaksinasi lansia di atas 60 persen, pemerintah secara resmi memulai vaksinasi anak usia 6-11 tahun pada 14 Desember lalu. Menyasar 26,5 juta anak.

“Pantauan kami di sistem, sudah 500 ribu lebih anak yang sudah divaksinasi dari sasaran 26,5 juta. Saya kira, sampai sekarang ini, vaksinasi berjalan lancar dan aman,” terang Menkes.

Baca juga : Gelar Akselerasi Vaksinasi Serentak Se-Indonesia, Kapolri Optimis Target 70 Persen Terwujud

Menkes menegaskan, vaksin terbaik adalah vaksin yang saat ini tersedia, sehingga masyarakat tidak perlu ragu untuk mengakses lokasi dan pelayanan vaksinasi Covid-19.

Semakin banyak orang yang mendapatkan vaksinasi Covid-19, akan semakin banyak orang yang terlindungi.

"Kepatuhan masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan, tetap menjadi kunci utama dalam mencegah penularan Covid-19. Keduanya harus berjalan beriringan, sebagai solusi jitu mengakhiri pandemi Covid-19," pungkasnya. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.