Dark/Light Mode

Rakerda XV dan Diklatda II HIPMI

Bangun Infrastruktur dan Konektivitas, BUMN Punya Andil Besar

Selasa, 16 Juli 2019 18:45 WIB
Menteri BUMN Rini M Soemarno dalam acara Rakerda XV dan Diklatda II HIPMI Jawa Timur di Hotel JW Marriot, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (16/7). (Foto: Humas BUMN)
Menteri BUMN Rini M Soemarno dalam acara Rakerda XV dan Diklatda II HIPMI Jawa Timur di Hotel JW Marriot, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (16/7). (Foto: Humas BUMN)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini M Soemarno menghadiri Rakerda XV dan Diklatda II HIPMI Jatim di Hotel JW Marriot, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (16/7). Dalam kesempatan tersebut, Menteri Rini membeberkan pentingnya konektivitas yang telah dibangun BUMN untuk mendorong peningkatan ekonomi nasional. 

Baca juga : Bersama Kemenhub, PII Dukung Infrastruktur Transportasi Di Lampung

Dijelaskan, sejak tahun 1978 hingga 2014, jalan tol yang baru terbangun hanya mencapai 780 Km. Padahal, Trans Jawa telah dicanangkan oleh Presiden ke-2 Soeharto pada 1996. Tapi kini, dalam waktu 4,5 tahun, pemerintah berhasil membangun jalan tol sepanjang 782 km, yang menyambungkan Palembang hinga Probolinggo.

Baca juga : Lasuna Eja, Varietas Bawang Merah Baru yang Produktivitasnya Sangat Tinggi

“Apakah karena kekuatan Superman? Bukan. Ini karena kami semua di BUMN berpikir out of the box,” kata Rini. Mantan Presiden Direktur PT Astra Internasional (Persero) Tbk  ini mengaku, banyak pihak yang meremehkan pembangunan infrastruktur seperti jalan tol. Padahal, pembangunan infrastruktur ini tak hanya sekadar penting. Tetapi juga mampu meningkatkan konektivitas antar daerah ,serta mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. “Tanpa konektivitas yang baik, ekonomi tidak bisa berkembang," jelas Rini.

Menteri BUMN Rini Soemarno (keenam kiri)  dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (ketujuh kiri) foto bareng dengan seluruh peserta Rakerda XV dan Diklatda II HIPMI Jatim di Hotel JW Marriot, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (16/7). (Foto: Humas BUMN)

Baca juga : Maruf Amin Puji Keberhasilan Jokowi Bangun Infrastruktur Langit

Secara statistik, kinerja BUMN dalam empat tahun terakhir sangat membanggakan. Hal ini terlihat dari total aset BUMN yang tumbuh hingga 179 persen, dari Rp 4.577 triliun pada tahun 2014, menjadi Rp 8.207 triliun di tahun 2018. Laba bersih tumbuh 142 persen menjadi Rp 210 triliun pada tahun 2018, dari Rp 148 triliun pada tahun  2014. Sedangkan investasi BUMN pada 2018 mencapai Rp 487 triliun, dan peningkatannya mencapai 204 persen dibanding tahun 2014. Apabila diakumulasikan dalam empat tahun terakhir, total investasi BUMN mencapai Rp 1.290 triliun.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.