Dewan Pers

Dark/Light Mode

Kunker Ke Palembang

Ibu Negara bersama OASE KIM Kuatkan Profil Pelajar Pancasila Jenjang PAUD

Kamis, 24 November 2022 21:54 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersama Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja Indonesia Maju (OASE KIM) kembali melakukan kunjungan kerja dengan mengusung kegiatan penguatan karakter Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Kali ini, kunjungan kerja dilakukan dengan sasaran pada tiga lokasi di Kota Palembang, Sumatra Selatan. Saat tiba di Palembang, rombongan Ibu Negara langsung menuju lokasi pertama yaitu PAUD Asuhan Bunda II Kota Palembang.

Di sana, Ibu Negara bersama rombongan berinteraksi dengan 100 anak-anak PAUD dari lima sekolah dan melakukan kegiatan “Bermain dan Belajar bersama Ibu Negara”.

Mengawali kegiatan, Ibu Negara didampingi Ibu Wury Ma’ruf Amin beserta para anggota OASE KIM bersama-sama menyaksikan demo pemilahan sampah dan demo Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) yang dilakukan anak-anak PAUD.

Selanjutnya, Ibu Negara mengajak anak-anak PAUD berkumpul di tenda untuk bersama-sama bermain boneka tangan, tebak-tebakan menggunakan kartu memori, hingga memantik anak-anak agar menyanyikan lagu sesuai gambar yang terlihat pada kartu tersebut.

“Ibu mau bagi-bagi hadiah, menyanyi, dan menari. Ayo siapa yang maju nanti dikasih hadiah,” ajak Ibu Negara Iriana Joko Widodo saat berinteraksi dengan anak-anak PAUD di PAUD Asuhan Bunda II Kota Palembang, Sumatera Selatan, Kamis (24/11).

Berita Terkait : Heru Pastikan Moko Keliling Pangan Murah Jangkau Warga

Menyambut ajakan Ibu Negara, anak-anak PAUD yang hadir terlihat antusias dengan berlomba-lomba menjawab tebak gambar dan pertanyaan lainnya yang diberikan Ibu Iriana Jokowi.

Selain itu, mereka juga bersemangat menyanyikan lagu-lagu sambil memegang bendera merah putih. Pada kesempatan yang sama, anak-anak PAUD diajak mendengarkan cerita yang dibawakan oleh dua orang pendongeng dari Komunitas Kampung Dongeng Sumatera Selatan, yaitu Kak Ninuk dan pendongeng cilik Alifah.

Kampung Dongeng Sumatra Selatan merupakan salah satu komunitas media komunikasi dalam menyampaikan pesan moral dari orang tua kepada anak.

Hingga kini, Kampung Dongeng Sumatra Selatan telah meraih banyak prestasi, salah satunya adalah dalam lomba Read Aloud Icraft Indonesia Agroforesty Kenya, Afrika Timur.

Menutup rangkaian kunjungan kerja di lokasi pertama, OASE KIM Bidang I (Pengasuhan dan Pendidikan Karakter) yang diketuai Franka Makarim menyerahkan donasi bagi beberapa instansi pendidikan.

Bantuan yang diberikan adalah dua pojok baca untuk Kelompok Bermain (KB) Al Faruq di Radial Rusun Blok 47 Bukit Kecil, Kota Palembang, dan Sekolah Dasar Negeri (SDN) 88 Kecamatan Jakabaring, Kota Palembang.

Berita Terkait : PP-Kadin Kembangkan 1.000 Warung Pancasila, Bamsoet Dukung Penuh

Lebih dari itu, bantuan lainnya yang diberikan berupa 50 paket buku ditujukan kepada 25 satuan pendidikan yang terdiri dari lima PAUD, sepuluh Sekolah Dasar (SD), lima satuan pendidikan Raudatul Atfal (RA), dan lima Madrasah Ibtidaiyah (MI).

Setelah berinteraksi dengan anak-anak PAUD, rombongan Ibu Negara berpindah ke lokasi kunjungan kerja kedua, yaitu Griya Agung yang berada di rumah dinas Gubernur Provinsi Sumatra Selatan.

Dalam kunjungan tersebut, rangkaian kegiatan yang dilakukan adalah penanaman beberapa bibit pohon seperti nangka dan kluwih serta peninjauan sosialisasi Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI) untuk mencegah kanker payudara.

Selain itu, kunjungan beberapa pameran juga menjadi aktivitas rombongan Ibu Negara di Griya Agung. Adapun pameran yang dikunjungi adalah Pameran UKM dan Dekranasda Provinsi Sumatera Selatan, Workshop dan Pameran Pengembangan UMKM Sekitar Wilayah Tambang dan Geopark.

Serta, Pameran dan Pembelajaran Program Pendidikan Kecakapan Wirausaha Tekun Tenun Indonesia 2022 Provinsi Sumatera Selatan.

Selanjutnya, Ibu Negara beserta rombongan melanjutkan kunjungan ke lokasi ketiga di Sultan Convention Center. Di sana, Ibu Negara dan OASE KIM menghadiri sosialisasi literasi digital dan anti narkoba yang diikuti oleh 500 orang peserta.

Berita Terkait : Sultan Kutai Kartanegara Anugerahi Rahmad Pribadi Gelar Raden Mas Pranata

Beberapa kegiatan lainnya juga dilakukan oleh OASE KIM Bidang 4 seperti sosialisasi pemilahan dan pengurangan sampah plastik.

Sebagai bentuk kepedulian, OASE KIM juga menyerahkan bantuan sebanyak 20 unit tempat sampah terpilah untuk sekolah dan tempat wisata.OASE KIM memberikan apresiasi positif terhadap upaya Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dalam penyelenggaraan kegiatan penguatan pendidikan karakter di jenjang PAUD.

Seperti kunjungan kerja yang telah dilakukan sebelumnya ke beberapa provinsi, terdapat lima program besar OASE KIM yang menjadi prioritas.

Pertama, program pendidikan dengan melihat secara nyata lebih dekat terkait PAUD berkualitas, Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) di PAUD dengan menumbuhkan Profil Pelajar Pancasila sejak usia dini, serta peningkatan mutu pendidik di seluruh Indonesia.

Kedua, program kualitas kesehatan masyarakat yang dilakukan dengan mendorong IVA (Inspeksi Visual Asam) Test, SADARI.
 Selanjutnya