Dark/Light Mode

Nggak Dapat THR Dan Gaji Ke-13

Duh, Kasihan Tenaga Honorer Dan Perangkat Desa

Minggu, 17 Maret 2024 07:25 WIB
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Abdullah Azwar Anas. (Foto: Kemenpan-RB)
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Abdullah Azwar Anas. (Foto: Kemenpan-RB)

 Sebelumnya 
Febrio menambahkan, melalui pemberian THR dan gaji ke-13 dengan tunjangan kinerja 100 persen, diharapkan aktivitas konsumsi masyarakat menguat dan perekonomian Indonesia dapat mencapai pertumbuhan 5,2 persen di tahun 2024.

“Harapannya THR dan Gaji 13 dapat dimanfaatkan optimal oleh para ASN, TNI, Polri, dan pensiunan, agar berdampak positif bagi perekonomian na­sional,” tandasnya.

Di media sosial X, banyak netizen yang bersimpati kepada para honorer dan perangkat desa. Meski gajinya pas-pasan, mereka kini harus banyak bersabar karena tidak mendapatkan THR.

Akun @ukhtielya menutur­kan, situasi ini sudah berlang­sung sejak lama dan para hon­orer juga sudah pasrah. “Dari dulu memang pernah tenaga honorer dapat THR dan gaji ke-13? Jangan THR, gaji pun masih bawah kelayakan, kasihan emang nasib honorer,” ujarnya.

Baca juga : DKI Siapin Anggaran KJMU Rp 171 Miliar

Akun @marihulu juga priha­tin dengan tidak adanya aloka­si anggaran THR untuk para honorer. “Bansos sudah habis. Alokasi anggaran THR tidak ada. Jadi apa yang tersisa buat para honorer?” cuitnya.

Ada juga netizen yang bersel­oroh seandainya Pemilu digelar sesudah Lebaran.

“Coba kalau Lebarannya sebulan sebelum Pemilu, pasti pegawai honorer juga dapat THR. Sayangnya Lebaran setelah Pemilu, jadi gitu deh luput dari perhatian presiden,” ucap akun @brahmanta_70.

Akun @omomrandom me­nyebutkan, masalah yang dia­lami tenaga honorer ini terus berlangsung tanpa henti.

Baca juga : Atletico Madrid Vs Barcelona, Misi Kudeta Kursi Girona

“Dari dulu harusnya honorer itu nggak ada, dasar hukumnya nggak jelas. Tapi, tetap aja dipi­ara, giliran begini bingung kan? Dari dulu honorer gak dapat gaji ke-13 sama THR karna mereka memang gak ada di struktur organisasi,” tuturnya.

Akun @StrayKids_LK meng­ingatkan, para honorer yang sudah terbukti bisa bekerja layak untuk mendapatkan THR.

“Padahal di kantor yang paling sibuk tuh honorer, yang ASN mohon maaf aja cuma fin­gerprint terus duduk manis dan cabut. Tapi, banyak honorer su­dah pasrah dan nggak berharap THR dan Gaji ke-13,” katanya.

Senada, akun @AH_SiregarXIX berharap, pemerintah mengalokasikan anggaran untuk THR honorer, sama seperti ketika meningkatkan anggaran bansos.

Baca juga : Badminton All England 2024, Ginting Menembus Final

“Kasihan honorer dan perang­kat desa, sudah honornya kecil, nggak dapat THR. Untuk bansos dadakan senilai Rp 496 triliun negara mampu, masa untuk honorer nggak bisa diusahakan,” cetusnya.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Minggu, 17 Maret 2024 dengan judul Nggak Dapat THR Dan Gaji Ke-13, Duh, Kasihan Tenaga Honorer Dan Perangkat Desa

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.