Dark/Light Mode

Biarpun Nggak Mudik, Lebaran Tetap Asyik

Senin, 10 Mei 2021 05:05 WIB
Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. (Foto: Istimewa)
Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Temu Kangen Dengan Virtual

Sementara, Anggota Komisi IX DPR Muchamad Nabil Haroen mengatakan, Lebaran tanpa mudik sebetulnya sudah dirasakan asyik bagi masyarakat yang menyadari maksud pelarangannya. Dilarang demi kesehatan keluarga.

Agar masyarakat bisa menikmati Lebaran tanpa mudik, menu­rut Nabil, sosialisasi pelarangan ini harus terus digencarkan sam­pai ke tingkat kelurahan/desa.

Baca juga : Puan: Larangan Mudik Jangan Ganggu Distribusi Logistik

“Agar semua ceria, harus ada edukasi publik. Masyarakat harus sadar bahwa larangan mudik untuk kebaikan keluarga di desa,” kata Anggota Fraksi PDIP ini kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Ketua Umum Pimpinan Pusat Pagar Nusa Nahdlatul Ulama ini mengapresiasi upaya Kementerian Koodinator Perekonomian dalam menjaga kemampuan berbelanja masyarakat di tengah pandemi.

Menurut dia, kebijakan mendorong cairnya THR, bansos, pro­gram dukungan UMKM hingga sosialisasi belanja online, sangat bermanfaat bagi masyarakat.

Baca juga : Ajak Demo Tolak Larangan Mudik, Tiga Orang Ditangkap Polda Metro Jaya

Nabil optimistis, jika kebi­jakan ini konsisten dan berlanjut dengan kebijakan lainnya yang efektif, akan mempercepat pe­mulihan ekonomi. Tapi dengan catatan, protokol kesehatan wajib dikedepankan.

“Kebijakan bansos, Kartu Prakerja, dorongan THRdan lainnya ini kan dalam rangka dukungan bangkit dari pan­demi secara keseluruhan. Tujuan utamanya agar kita, bangsa Indonesia, bisa bangkit dari pandemi,” tegasnya.

Nabil mengajak masyarakat memanfaatkan seluruh program yang telah disiapkan pemerin­tah. Sekaligus mengikuti anjuran untuk mencegah penularan Covid-19.

Baca juga : Telanjur Mudik, Gimana Caranya Minimalkan Risiko Covid?

Pakar Sosiologi Universitas Indonesia Ida Ruwaida mengata­kan, perayaan Idul Fitri menjadi momentum sakral bagi keluarga untuk saling memaafkan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.