Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dirjen Politik Dan PUM Kemendagri Terpilih Jadi Ketua MIPI

Sabtu, 5 Juni 2021 18:30 WIB
Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri, Bahtiar. (Foto: ist)
Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri, Bahtiar. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (PUM) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Bahtiar terpilih secara aklamasi menjadi Ketua Umum Masyarakat Ilmu Pemerintahan Indonesia (MIPI) 2021-2026. 

Keputusan itu berdasarkan hasil Musyawarah Nasional MIPI ke-VII yang berlangsung secara luring di Hotel Aryaduta Jakarta, dan daring melalui sambungan virtual, Sabtu (5/6).

Baca juga : Kemendag Minta Peran Importir Jaga Kestabilan Harga Di Dalam Negeri

Dalam sambutannya, Bahtiar mengapresiasi dukungan yang diberikan kepadanya. “Saya lakukan ini atas pertimbangan ideologis dan bagian dari sejarah hidup saya,” ujar Bahtiar.

Menurut dia, menjadi Ketua Umum MIPI bukanlah untuk kepentingan pribadinya. Namun, jabatan tersebut sebagai alat untuk melayani berbagai pihak, sekaligus wadah silaturahmi dengan para senior dan gurunya yang banyak bergabung ke dalam MIPI. Salah satu guru tersebut misalnya, Ryaas Rasyid yang menjabat sebagai Ketua Dewan Penasehat MIPI.

Baca juga : Erick Ubah PFN Jadi Lembaga Pembiayaan

Lebih lanjut, Bahtiar menginginkan MIPI mampu menjadi organisasi yang mampu beradaptasi dengan perubahan lingkungan. Alasannya, bila tak bisa beradaptasi MIPI bakal tertinggal bahkan hanya jalan di tempat.

Dalam mengawali masa kepemimpinannya sebagai Ketua Umum MIPI, Bahtiar bakal melakukan penyesuaian untuk mengatur sekaligus mengembangkan organisasi MIPI sesuai dengan perubahan yang ada. Di tengah pandemi Covid-19, berbagai kegiatan MIPI direncanakan bakal banyak memanfaatkan teknologi seperti seminar berbasis virtual. 

Baca juga : Presiden Minta Menteri Dan Kepala Daerah Jangan Tutupi Data

Selain itu dia juga ingin meningkatkan ekosistem riset, serta memasifkan penulisan jurnal ilmiah, dan penerbitan buku terkait ilmu pemerintahan. “Sekarang tidak banyak lagi ilmuwan yang produktif, di ilmu pemerintahan terutama jadi itu kerisauan sendiri bagi MIPI,” ujar Bahtiar.

Sementara itu, Ketua Umum MIPI periode sebelumnya, Ridho Ficardo berharap di bawah kepemimpinan Bahtiar, MIPI dapat menjadi lebih baik dari periode sebelumnya. Terutama, lanjutnya, dalam memberikan kontribusi nyata dengan memberikan pemikiran terbaik bagi pengembangan ilmu pemerintahan di Indonesia. [DIR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.