Dark/Light Mode

Modernisasi Truk Kunci Terwujudnya Logistik Hijau

Jumat, 30 Juli 2021 12:48 WIB
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi. (Foto : Kemenhub)
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi. (Foto : Kemenhub)

 Sebelumnya 
Ketua Institut Studi Transportasi Darmaningtyas mengatakan, penerapan logistik hijau tak bisa dilepaskan dari permasalahan sistem armada transportasi yang selama ini masih terjadi di Indonesia.

Baca juga : Edhy Tertunduk Lesu

Darmaningtyas menjelaskan, masalah kendaraan yang kelebihan dimensi dan muatan (over dimension over loading). Untuk itu, yang harus dilakukan pemerintah adalah menghapus maraknya kendaraan dengan dimensi dan muatan berlebih.

Baca juga : Mau PPKM Darurat Sukses, Kuncinya Disiplin Individu

Menurutnya, kalau ingin menuju ke konsep logistik hijau, tidak boleh ada kendaraan dengan muatan dan dimensi berlebih lagi di jalan-jalan di Indonesia.

Baca juga : Berantas Pungli, JICT Perkuat Sistem Digital

"Jelas sekali, truk-truk yang terindikasi kelebihan muatan dan dimensi tidak ramah lingkungan. Dengan keberatan beban, otomatis jalannya lambat sehingga mengeluarkan polusi dalam jangka waktu yang lama," ucapnya. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.