Dark/Light Mode

Dubes Jerman Ina Lepel Siap Bantu RI Buka Jutaan Lapangan Kerja

Kamis, 10 Februari 2022 08:20 WIB
Dubes Ina Lepel dalam jumpa pers virtual berjudul Indonesia Green Jobs, Selasa (8/2), (Foto: Twitter Ina Lepel)
Dubes Ina Lepel dalam jumpa pers virtual berjudul Indonesia Green Jobs, Selasa (8/2), (Foto: Twitter Ina Lepel)

 Sebelumnya 
Sementara itu, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa menjelaskan, ekonomi hijau merupakan bagian dari desain ulang transformasi Indonesia yang inklusif dan berkelanjutan.

Suharso sepakat, dalam memulai transisi menuju ekonomi hijau, pekerjaan ramah lingkungan memainkan peranan penting.

Ia mengutip data Organisasi Perburuhan Internasional atau International Labour Organization (ILO) bahwa, penerapan kebijakan yang tepat untuk mempromosikan pekerjaan ramah lingkungan, dapat menciptakan 24 juta pekerjaan pada 2030.

Baca juga : Dubes Abdul Aziz Siap Bantu Hijaukan Saudi Dengan Proyek Green Riyadh

“Hal itu akan berdampak pada adanya kebutuhan profil keterampilan dan kualifikasi serta kerangka pelatihan baru,” sambungnya.

Dia menekankan, Bappenas berkomitmen untuk memimpin dan terus mengawal perjalanan promosi pekerjaan ramah lingkungan ini.

Pihaknya menyadari, sudah saatnya Indonesia memiliki pemahaman menyeluruh tentang pekerjaan ramah lingkungan yang dapat diterapkan secara Nasional.

Baca juga : BP Jamsostek Siap Layani Program Jaminan Kehilangan Pekerjaan

Seperti diketahui, Jerman secara proaktif telah mengembangkan kebijakan untuk melindungi dan menjaga lingkungan untuk generasi mendatang.

Upaya Jerman menuju ekonomi hijau di luar negeri diimplementasikan melalui kerja sama pembangunan antara Bappenas dengan Deutsche Gesellschaft für Internationale Zusammenarbeit (GIZ).

Sebagai informasi, GiZ adalah perusahaan internasional Jerman yang beroperasi di berbagai bidang di lebih dari 120 negara dalam bidang kerja sama pembangunan.

Baca juga : Temui Menko Airlangga, Dubes Selandia Baru Bahas Kerja Sama Perdagangan Dan Energi

Dalam implementasinya, GiZ bekerja sama tidak hanya dengan Pemerintah, tetapi juga bersama lembaga negara maupun sektor swasta. Salah satu fokus utamanya di indonesia adalah meningkatkan kualitas di bidang pendidikan vokasi/kejuruan. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.