Dark/Light Mode

Jadi Hakim Wanita Kulit Hitam Pertama Di AS, Ketanji Brown Jackson Cetak Sejarah

Jumat, 8 April 2022 08:30 WIB
Ketanji Brown Jackson, Hakim Agung wanita kulit hitam pertama di Amerika Serikat. (Foto: Instagram @whitehouse)
Ketanji Brown Jackson, Hakim Agung wanita kulit hitam pertama di Amerika Serikat. (Foto: Instagram @whitehouse)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketanji Brown Jackson (51) akhirnya menjadi wanita kulit hitam pertama yang menjadi Hakim Agung Amerika Serikat (AS), setelah mendapat persetujuan Senat dengan 53 dukungan suara, Kamis (7/4).

Jackson akan menggantikan Stephen Breyer yang bersiap pensiun pada Juni mendatang.

Dengan masuknya Jackson, Mahkamah Agung AS praktis memiliki empat Hakim Agung perempuan, dari total sembilan. Tiga lainnya adalah Sonia Sotomayor, Elena Kagan dan Amy Coney Barrett.

Baca juga : Harga Pertamax Masih Lebih Kompetitif Ketimbang SPBU Swasta

 

 

Dalam pemungutan suara oleh Senat yang beranggotakan 100 orang, Demokrat memiliki 50 suara. Tiga senator Republik: Susan Collins, Lisa Murkowski, dan Mitt Romney ikut memberikan tambahan tiga suara untuk Jackson.

Baca juga : Biden Gelar Pertemuan Tatap Muka Pertama Dengan Menlu Dan Menhan Ukraina

Voting ini diawasi oleh Wakil Presiden Kamala Harris, wanita kulit hitam pertama yang menempati posisi tertinggi di pemerintahan.

Lolosnya Jackson, sekaligus menjadi sejarah bagi Mahkamah Agung AS, yang belum pernah memiliki hakim wanita kulit hitam dalam 233 tahun perjalanannya. 

Selain itu, terpilihnya Jackson juga menjadi bukti pelunasan janji Presiden AS Joe Biden dalam kampanyenya, yang akan menempatkan wanita kulit hitam sebagai Hakim Agung.

Baca juga : Malam Ini, Mutiara Hitam Yakim Keluar Dari Zona Neraka

Sebagai bagian dari tanda suka cita, Biden juga memberikan ucapan selamat kepada Jackson, melalui akun Instagramnya yang berpengikut 17,7 juta orang.

Pemimpin mayoritas Senat AS Chuck Schumer, menyebut hari pengukuhan Jackson sebagai hari yang menggembirakan bagi Amerika. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.