Dark/Light Mode

Pilpres Turki Diproyeksi Dua Putaran

Erdogan Disalip Oposisi

Senin, 15 Mei 2023 07:46 WIB
Para pemilih antre di luar Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Istanbul, Turki, kemarin. (Foto: Istimewa).
Para pemilih antre di luar Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Istanbul, Turki, kemarin. (Foto: Istimewa).

 Sebelumnya 
Perangkat tersebut akan dititipkan di panitia dan dikembalikan setelah proses pencoblosan selesai.

Pesta demokrasi di Turki ini berlangsung ketika negara itu dilanda gejolak ekonomi. Para kritikus menyalahkan Pemerin­tah atas kondisi tersebut.

Turki juga belum lama ini mengalami gempa dahsyat, pada 6 Februari. Insiden itu menewas­kan lebih dari 50.000 orang yang menetap di gedung-gedung yang tidak aman. Pemerintahan Erdogandikritik dan dituding lambat menyelamatkan korban.

Baca juga : Telkom Dorong Digitalisasi Bagi Penyandang Disabilitas

Tiga Calon Presiden

Pilpres Turki diikuti Erdogan, dan kandidat oposisi utama, yakni Kemal Kilicdaroglu dan Sinan Ogan. Sementara, pemilu legislatif diikuti 24 partai politik dan 151 calon anggota parlemen independent.

Beberapa partai politik memasuki pemilu dengan lima aliansi berbeda. Di antaranya Repub­lik, Bangsa, Leluhur, Buruh dan Kebebasan dan Persatuan Pasukan Sosialis.

Baca juga : Mendes PDTT: Idul Fitri Dongkrak Perputaran Uang Di Desa

Partai Keadilan dan Pembangunan (Partai AK), Partai Gerakan Nasionalis MHP, Partai Persatuan Besar (BBP), danPartai Kesejahteraan Baru berpartisipasi di bawah Aliansi Rakyat.

Aliansi Bangsa dibentuk oleh Partai Rakyat Republik (CHP), Partai Baik (Partai IYI), Par­tai Kebahagiaan, Partai Masa Depan, Partai Demokrasi dan Kemajuan (DEVA), dan Partai Demokrat.

Partai Hijau dan Masa Depan Kiri (Partai Kiri Hijau) dan Par­tai Buruh Turki (TIP) berjalan di bawah Aliansi Buruh dan Kebebasan.

Baca juga : Wakil Dubes Turki Apresiasi Bantuan Masyarakat Indonesia

Partai Rakyat Demokratik (HDP) yang masih dalam proses gugatan ke Mahkamah Konsti­tusi juga masuk dalam daftar Partai Kiri Hijau.

Partai Kemenangan dan Par­tai Keadilan berjalan di bawah Aliansi Leluhur. Sementara Partai Komunis Turki, Gerakan Komunis Turki, dan Partai Kiri berjalan di bawah Persatuan Pasukan Sosialis. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.