Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Ulurkan Tangan Untuk Penduduk Muslim

PM Selandia Baru: Banyak Cinta Untuk Saudara-Saudara Muslim

Sabtu, 16 Maret 2019 17:17 WIB
Warga Christchurch tampak bersimpati dengan warga muslim usai tragedi penembakan di Masjid Al Noor, Jumat (15/3). (Foto: AP)
Warga Christchurch tampak bersimpati dengan warga muslim usai tragedi penembakan di Masjid Al Noor, Jumat (15/3). (Foto: AP)

 Sebelumnya 
Di luar salah satu dari dua masjid itu, Ash Mohammed yang berusia 32 tahun menerobos barikade polisi dengan harapan menemukan apa yang terjadi pada ayahnya dan dua saudara lelakinya, yang ponselnya berdering tanpa jawaban. Seorang petugas menghentikannya. “Kami hanya ingin tahu apakah mereka hidup atau mati,” kata Mohammed kepada petugas itu.

Lapar akan berita, keluarga dan teman para korban berkumpul di Hagley College di kota, dekat rumah sakit. Di antaranya ada Asif Shaikh, 44. Dia menyebut ada lebih dari 100 orang di masjid Al Noor ketika penyerang masuk. Dia mengatakan dia selamat dengan berpura-pura mati. Shaikh ingin tahu apa yang terjadi pada teman-temannya yang ada di sana bersamanya saat itu. “Sudah 36 jam, saya belum mendengar apa pun tentang mereka,” ujarnya.

Di dekatnya, Akhtar Khokhur bersandar di pundak temannya. Dia menangis ketika dia mengangkat ponselnya yang wallpapernya adalah wajah suaminya. “Aku masih belum tahu di mana dia,” tuturnya, lirih.

Baca juga : Stop Dan Hapus Video Yang Timbulkan Ketakutan

Khokhur, 58, dan suaminya Mehaboobbhai Khokhur, 65, telah melakukan perjalanan dari India untuk menghabiskan waktu bersama putra mereka, Imran. Ini kunjungan pertama mereka dalam delapan tahun sejak Imran pindah ke Selandia Baru.

Imran menurunkan ayahnya, seorang insinyur listrik, di masjid Al Noor pada hari Jumat. Dia sedang mencari tempat parkir ketika penembakan dimulai. Sejak itu mereka tidak mendengar kabar darinya.

Pelaku penembakan, Brenton Harrison Tarrant berdiri mematung di depan seorang hakim. Pria berusia 28 tahun itu muncul di pengadilan dengan pengamanan ketat. Tarrant mengenakan pakaian penjara serba putih dengan tangan dibelenggu. Dia tidak menunjukkan emosi ketika hakim membacakan satu tuduhan pembunuhan. Hakim mengatakan itu masuk akal untuk mengasumsikan akan ada lebih banyak tuduhan seperti itu.

Baca juga : Kecolongan, Selandia Mau Reformasi UU Senjata

Tarrant, yang memposting manifesto anti-imigran secara online dan tampaknya menggunakan kamera yang dipasang helm untuk menyiarkan video langsung pembantaian di kota Christchurch, tampaknya membuat tanda tangan mirip dengan tanda OK, yang kadang-kadang dikaitkan dengan warna putih. nasionalis.

Pria bersenjata itu telah memposting manifesto bercampur aduk setebal 74 halaman di media sosial tempat ia mengidentifikasi dirinya sebagai kelompok supremasi kulit putih dan Australia yang ingin membalas serangan di Eropa yang dilakukan oleh Muslim.

Dia menyiarkan 17 menit amukan di masjid Al Noor. Dipersenjatai dua senapan serbu dan senapan, dia menyemprot jamaah dengan peluru, menewaskan sedikitnya 41 orang. Lebih banyak orang terbunuh dalam serangan terhadap masjid kedua beberapa waktu kemudian.Facebook, Twitter dan Google berebut untuk mengambil video pria bersenjata itu, yang banyak tersedia di media sosial selama berjam-jam setelah pertumpahan darah.

Baca juga : Hidup Nomaden, Pelaku Penembakan Diadili Di Selandia Baru

Serangan kedua terjadi di masjid Linwood sekitar 5 kilometer atau 3 mil jauhnya. Video itu memperlihatkan si pembunuh membawa dua senapan serbu militer otomatis, dengan sebuah magazin tambahan ditempelkan pada salah satu senjata. Sehingga ia dapat mengisi ulang dengan cepat. Dia juga memiliki lebih banyak senjata serbu di bagasi mobilnya, bersama dengan benda yang diduga sebagai sebagai bahan peledak.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.