Dark/Light Mode

Peluncuran Kampanye #JanjiCegahKrisisIklim

Kedubes Inggris Ajak Anak Muda Peduli Perubahan Iklim

Kamis, 25 Februari 2021 12:58 WIB
Peluncuran Kampanye #JanjiCegahKrisisIklim Kedubes Inggris Ajak Anak Muda Peduli Perubahan Iklim

 Sebelumnya 
Sementara Dubes Indonesia untuk Inggris Desra Percaya mengibaratkan, penyelenggaraan COP26 seperti sedang menunggu kehamilan. Dalam waktu sembilan bulan lagi, kata dia, Inggris akan membidani lahirnya komitmen-komitmen yang baru terkait perubahan iklim.

Sebagaimana proses kehamilan, jika bibit, bebet dan bobotnya unggul, dan dirawat bersama dengan baik serta sungguh-sungguh, maka hasilnya pun akan baik dan bermanfaat bagi sesama. Tentu saja, sambungnya, Indonesia mendukung penuh Presidensi Inggris dan upaya global dalam pencapaian tujuan COP26, melalui berbagai mitigasi serta adaptasi.

Dia juga mengapresiasi prioritas COP26 Inggris, yang menekankan pada peningkatan komitmen, melalui aksi adaptasi dan resiliensi transisi energi, maupun pendanaan berkelanjutan. Sinergi antara pengendalian perubahan iklim, penyediaan dukungan sains, inovasi dan pendanaan, menurutnya, sangat penting.

Baca juga : Kevin Julio Ajak Anak Muda Peduli Lingkungan

"Pendekatan pengendalian perubahan iklim juga harus tetap bersifat holistik, integratif, dan melibatkan semua komponen masyarakat," ujar Desra.

Langkah-langkah tersebut, ujar mantan Dubes Indonesia untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) ini, tentunya juga tidak terlepas dari upaya pencapaian agenda Tujuan Pembangunan Berkelanjutan 2030 (Sustainable Development Goals/SDG's, yang berimbang, dan menitikberatkan pada bumi, umat manusia, dan kesejahteraan.

Pemahaman ini jadi semakin penting dan relevan, di tengah kondisi pandemi Covid-19. Yang dampaknya sangat berat bagi semua negara di dunia tanpa terkecuali.

Baca juga : Terima Pengurus PMII, Bamsoet Ajak Generasi Muda Tanggulangi Dampak Perubahan Iklim

Melalui program kreatif dan inovatif seperti #JanjiCegahKrisisIklim, dia yakin, bersama-sama tiap pihak akan mampu berkontribusi nyata dalam memajukan agenda perubahan iklim. "Apalagi, kalau terus didorong oleh generasi muda," ucapnya.

Mengutip pernyataan mantan Sekretaris Jenderal (Sekjen) PBB Kofi Annan, dia bilang, generasi muda harus berada di depan, dan menjadi kunci serta agen dalam pembangunan dan perdamaian. Dia percaya, generasi muda mampu membawa perubahan, melalui sumbangsih pemikiran dan kontribusi nyata.

"Menuju Indonesia dan dunia yang lebih maju, lebih hijau, lebih sejahtera demi masa depan bersama," katanya.

Baca juga : Dirjen PPI Ajak Pemuda Jadi Garda Perubahan Iklim

Sebagai wujud dari komitmen pribadinya, di hadapan peserta webinar, Desra berjanji terus berkomitmen melanjutkan kebiasaannya berjalan kaki dan bersepeda. Apalagi suasana di Inggris, sangat mendukung kegiatan itu. "Saya sudah lakukan juga di Jakarta kurang lebih 20 tahun. Dan akan saya lanjutkan," tegasnya.

Selain itu, Desra juga bertekad meneruskan pola hidup sehat dan ramah lingkungan. Kata dia, selama 20 tahun ini sudah tidak makan daging merah. "Saya tidak capek-capeknya, tiap ketemu orang untuk menerapkan pola hidup sehat dan ramah lingkungan," terangnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.