Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Mengenal Isme-isme Kontroversial (16)

Politeisme

Minggu, 23 Oktober 2022 06:00 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Salah satu faham keagamaan yang sering menjadi alternatif bagi masyarakat yang sedang mengalami multi krisis ialah faham Politeisme. Politeisme (Yunani: Poly=banyak,Theo=Tuhan) adalah satu faham yang mem­percayai banyak Tuhan. Politeisme lawan dari Monoteisme yang menyembah hanya satu Tuhan. Politeisme berbeda dengan Animisme dan Dinamisme yang menyembah arwah nenek moyang dan kekuatan-kekuatan gaib yang melekat pada benda-benda tertentu.

Baca juga : Agnostisisme

Politeisme lebih mirip dengan istilah perserikatan Tuhan. Tuhan-Tuhan lokal sudah terwakili oleh Tuhan-Tuhan lebih besar, sehingga tidak perlu manusia menyembah terlalu banyak Tuhan atau Dewa-Dewi, cukup hanya me­nyembah perwakilan-perwakilan mereka. Para perwakilan Tuhan atau Dewa-Dewi itu pun bisa diwakili oleh salah­satu di antaranya. Tidak heran jika penampilan golongan Politeisme menyerupai penampilan kelompok Monoteisme, khususnya agama-agama yang memahami Tuhan tiga dalam satu atau satu dalam tiga.

Baca juga : Dinamisme

Politeisme termasuk keyakinan yang sudah amat tua, keberadaannya diperkirakan sebelum 6SM. Ini artinya sezaman kelahirannya dengan animisme dan agama-agama besar lainnya. Kelompok agama dan ke­percayaan kuno tersebut termasuk Politeisme memiliki banyak persamaan satu sama lain seperti agama Hindu, Buddha, Shinto, Yunani Purba, agama atau tradisi orang Cina, dll. Antara sesama penganut ajaran agama-agama tersebut juga memiliki kedekatan emosional, bahkan kadang-kadang menggunakan rumah ibadah yang sama di dalam membesarkan Tuhan mereka. Berbeda dengan agama dan kepercayaan Monoteisme, sulit menggunakan rumah-rumah ibadah lain di dalam beribadah, khususnya umat Islam yang mengenal konsep syirik.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.