Dark/Light Mode

Tidak Ada Kejutan Di Puncak Peringatan Hari Bung Karno

Minggu, 25 Juni 2023 06:26 WIB
Prof. Tjipta Lesmana
Prof. Tjipta Lesmana

 Sebelumnya 
Megawati dalam orasinya menegaskan, Ganjar akan terus berjuang bersama Jokowi. PDIP bisa capres-cawapres sendiri. Tapi siapa cawapres Ganjar? Bu Mega rupanya belum siap mengumumkannya. Tidak lupa Ibu Mega memperkenalkan partai-partai pendukung PDIP untuk mengusung Ganjar Pranowo.

Dalam pidato singkatnya, Puan sebelumnya berteriak: Menangkan PDIP dan Ganjar, Siaaap? Ribuan massa PDIP berteriak spontan: Siaaaaappp!!

Apa esensi pidato Jokowi sebagai kader PDIP ?

Baca juga : Koalisi Semakin Runcing

Setelah mengucapkan “selamat berjuang” kepada segenap pendukung PDIP dan Ganjar, Jokowi secara eksplisit menegaskan “Selamat Berjuang untuk Menang!” Jokowi kemudian ingatkan Ganjar khususnya pesan Bung Karno soal Persatuan: “Jangan Gontok-gontokan!”

Setelah acara pidato-pidato selesai, menyusul acara tari-tarian dari berbagai daerah secara meriah.

Ibarat menu di meja makan, kita merasakan secara puncak Bung Karno HAMBAR. Tidak ada kejutan sama sekali, tidak ada pesan penting terkait Pemilu atau pergulatan capres dan cawapres.

Baca juga : Di Indonesia, Pupuk Pun Dipalsukan

Yang aneh juga sebelum puncak acara Hari Bung Karno, santer diberitakan oleh Puan Maharani tentang pendekatan Puan dan AHY, dan mereka sudah bertemu. Lalu dikabarkan akan ada pertemuan antara Ibu Mega dan SBY. Namun usai puncak acara Hari Bung Karno, ada petinggi PDIP yang memberitahukan pers apa sebab pimpinan beberapa Parpol tidak diundang dalam acara ini, seperti partai Demokrat dan Nasdem.

Demokrat tidak diundang karena mereka sudah berkoalisi dengan Nasdem. Aneh kan? Sebelumnya dikatakan ada pendekatan-pendekatan intensif antara Puan dan AHY, bahkan akan pertemuan antara SBY dan Ibu Mega…….

Ternyata semua hanya omong kosong.

Baca juga : Komunikasi Pemimpin: Konteks Tinggi Atau Konteks Rendah

Lalu, dari sambutan Jokowi dalam acara penting itu, banyak pihak bertanya-tanya: Ke mana sebetuln ya arah politik: betul Ganjar atau Prabowo?

Tampaknya, Jokowi BELUM firmed mendukung Ganjar, belum dukung total Ganjar!! 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.