Dark/Light Mode

Geopolitik Dan Geostrategi Indonesia Memandang BRICS

Senin, 21 Agustus 2023 06:37 WIB
Prof. Dr. Ermaya Suradinata
Prof. Dr. Ermaya Suradinata

 Sebelumnya 
Pandangan politik luar negeri Indonesia selalu menekankan pentingnya diplomasi multilate­ral dan kerjasama internasional. Bersamaan pula Indonesia sebagai anggota G20 dan ASEAN, dapat menggunakan hubungan dengan BRICS untuk memperkuat posisinya dalam forum-forum internasional, serta untuk mendorong solusi kolaboratif terhadap isu-isu global.

Dalam menghadapi dinamika politik global, pandangan politik luar negeri Indonesia tetap menggarisbawahi pentingnya membangun hubungan yang seimbang dan saling menguntungkan dengan berbagai negara dan kelompok di seluruh dunia. Dalam konteks ini, BRICS menjadi elemen penting dalam strategi politik luar negeri Indo­nesia.

Selain itu harus diakui bahwa dalam era globalisasi yang semakin kompleks ini, kelompok BRICS telah muncul sebagai entitas geopolitik dan geostrategi yang signifikan. Maka Indonesia memandang BRICS dari perspek­tif geopolitik dan geostrategi ini menjadi penting.

Baca juga : Generasi Z Indonesia Dalam Konteks Geopolitik Global

Dunia mengakui bahwa keempat negara BRICS adalah ekonomi besar dengan pertumbuhan yang dinamis, dengan demikian Indonesia memandang penting diadakan kerjasama perdagangan dan investasi ­dengan anggota BRICS. Jelaslah ini dapat membuka peluang akses pasar yang lebih luas, serta memungkinkan diversifikasi perdagangan untuk mengurangi ketergantungan terhadap pasar tradisional.

Dalam pandangan geopolitik, Indonesia memperkuat kemitraan dan hubungan dengan berbagai negara dan kelompok di seluruh dunia. Maka hubungan dengan BRICS, dapat menjadi alternatif penting yang mendukung diversifikasi hubungan internasional Indonesia.

Hubungan ini bisa semakin memperjelas bahwa Indonesia tidak bergantung pada hubungan dengan negara-negara Barat. Tetapi bisa pula menjalin kemitraan yang lebih kuat dengan negara-negara berkembang di berbagai wilayah –termasuk dengan BRICS.

Baca juga : 17 Agustus Dalam Dimensi Geopolitik Dan Geostrategi

Geopolitik dan geostrategi Indonesia memandang BRICS memiliki peran dalam merumuskan pandangan global, ­seperti reformasi lembaga-lembaga internasional dan perdagangan. Indonesia dapat memanfaatkan kemitraan dengan BRICS ­untuk memperkuat posisi dalam arena internasional, mendukung ­pertumbuhan ekonomi, dan meraih tujuan pembangunan nasional.

Bersamaan pula Indonesia dapat menggunakan hubungan dengan BRICS untuk mempromosikan investasi, teknologi, dan kerjasama di berbagai sektor. Sebagai contoh, kerjasama dalam bidang pertanian, energi terbarukan, dan infrastruktur dapat membantu Indonesia memajukan sektor-sektor vital.

Meskipun begitu, dalam mengembangkan hubungan ini, Indonesia harus tetap mempertimbangkan keseimbangan dan kemandirian serta memastikan bahwa hubungan ini sesuai ­dengan visi dan prinsip-prinsip luar negeri nasional.

Baca juga : Memperkuat Etika Pemerintahan Dalam Memilih Pemimpin

Prof. Dr. Ermaya Suradinata, SH, MH, MS, adalah mantan Dirjen Sospol Depdagri RI, Rektor IPDN, dan mantan Gubernur Lemhannas RI.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.