Dark/Light Mode

Pengaruh Geopolitik Dan Ketahanan Ekonomi Di Tahun Politik

Rabu, 23 Agustus 2023 06:17 WIB
Prof. Dr. Ermaya Suradinata
Prof. Dr. Ermaya Suradinata

RM.id  Rakyat Merdeka - Tahun politik adalah teks sejarah yang selalu hangat dan aktual untuk dibaca. Aksaranya tersemai dalam dinamika jelang pemilihan umum (pemilu) hari-hari ini. Hampir setiap hari mass media dan media sosial memproduksi­nya, dan ini adalah kesibukan “membaca” di tahun politik.

Karena sebagai teks sejarah yang selalu hangat dan aktual, maka tahun politik selalu dibaca penuh warna dan dinamika politik yang intens, adakalanya tegang. Intensitasnya ini pun memiliki dampak signifikan terhadap geopolitik dan ketahanan ekonomi.

Baca juga : Geopolitik Dan Geostrategi Indonesia Memandang BRICS

Keadaan jadi jelas bahwa geopolitik dan ketahanan ekonomi, menjadi dua aspek yang saling terkait dan memainkan peran krusial dalam konteks tahun politik. Hal mana karena geopolitik mengacu pada hubungan antara kekuatan negara dalam dimensi geografis, politik, dan ekonomi di tingkat nasional dan global.

Tetapi tahun politik adalah teks yang selalu sejarah catat, ada dinamika geopolitik dari sana. Manakala dinamika geopolitik berguncang-guncang, maka langsung ini menciptakan ketidakpastian dalam hubungan internasional. Harus disadari bahwa dalam tahun politik, perubahan geopolitik dapat menghasilkan peluang kemajuan –atau petaka kehancuran.

Baca juga : Generasi Z Indonesia Dalam Konteks Geopolitik Global

Inilah pentingnya pimpinan politik (atau pun para politisi) harus mampu memahami dina­mika geopolitik untuk meng­ambil keputusan yang cerdas. Mengetahui geopolitik dalam tahun politik memiliki faedah sangat besar, karena geopolitik memainkan peran sentral dalam membentuk dinamika politik di tingkat ­nasional dan internasional.

Bagaimanapun, geopolitik memiliki pengaruh yang signifikan terhadap tahun politik, memainkan peran penting dalam membentuk dinamika global, hubungan antarnegara, dan keputusan politik di tingkat nasional dan internasional.

Baca juga : 17 Agustus Dalam Dimensi Geopolitik Dan Geostrategi

Sebutlah dalam konteks hubungan antarnegera, geopolitik memengaruhi hubungan antarnegara dengan menentukan bagaimana negara-negara berinteraksi satu sama lain. Dari sini, mempengaruhi pula terhadap kebijakan luar negeri.

Sedangkan dalam konteks keamanan nasional, geopolitik memainkan peran penting dalam mempengaruhi keamanan nasio­nal. Ancaman militer, atau konflik di wilayah strategis, dapat memaksa negara untuk meng­ambil langkah-langkah untuk mempertahankan keamanannya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.