Dark/Light Mode

Teologi Lingkungan Hidup (71), Pandangan Kosmologi Islam (8)

Mengenal Alam Jabarut (2)

Kamis, 30 November 2023 06:10 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Bagi para salik yang akan menyingkap hijab dan seterus­nya melaju ke alam lebih tinggi, menurut buku ini, sangat dimungkinkan. Jika seseorang mampu melewati maqam-maqam tersebut dengan baik maka dipersepsikan manusia bisa mengakses alam manapun yang ia kehendaki.

Tentu saja tidak gampang meng­akses maqam demi maqam yang ­berlapis-lapis itu. Peningkatan dari satu maqam ke maqam berikutnya terkadang ditempuh ­bertahun-tahun. Namun tidak perlu berkecil hati karena jika Allah SWT menghendaki, maka tentu tidak ada rintangan berarti bagi yang bersangkutan.

Baca juga : Mengenal Alam Jabarut (1)

Memang dalam hadis tasawuf sering di­ungkap bahwa ada ­sekitar 70.000 hijab yang menghijab manusia sehingga sulit mencapai mukasyafah ­(penyingkapan).

Namun tidakperlu takut dan berkecil hati, karena 100.000 hijab pun dapat ditembus jika Allah menghendaki. Seorang sufi mempunyai keuletan karena tujuan ­mereka bukan menembut hijab itu tersingkap tetapi bagaimana mendekatkan diri sedekat-dekatnya kepada Allah SWT, tanpa target lain.

Baca juga : Mengenal Tingkatan Wujud Maratib al-Wujud

Jika ada kalangan sufi atau ­salikin tujuannya untuk membuka hijab atau memperoleh karamah dalam pencahariannya, maka boleh jadi dua-duanya tidak diperoleh. Tuhannya tidak didapat dan karamahnyapun hilang.

Para sufi dan salik tidak jarang di antara mereka terkecoh, karena terdekonsentrasi oleh ­hal-hal yang tidak substansi. Mereka terkecoh oleh sesuatu yang bersifat sekuder lalu meninggalkan urusan primer.

Baca juga : Doktrin Trilogi: Antara Ibn ’Arabi dan Plotinus

Yang primer itu adalah Tuhan yang sekunder itu adalah kelezatan dalam beribadah, kepemilikan karamah di depan jamaah, dan semacamnya. Mari kita mencari yang substansi dan yang primer tanpa harus terkecoh dengan yang non-substansi dan yang bersifat sekunder, agar mi’raj kita ­berhasil.

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak edisi Kamis, 30 November 2023 dengan judul "Teologi Lingkungan Hidup (71), Pandangan Kosmologi Islam (8), Mengenal Alam Jabarut (2)"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.