Dark/Light Mode

Teologi Lingkungan Hidup (75), Pandangan Kosmologi Islam (12)

Mengenal Alam Mulk (2)

Senin, 4 Desember 2023 06:10 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Manusia tidak boleh menyim­pang dari ketentuan yang digariskan Allah SWT kepadanya, yang pada akhirnya akan merugikan sendiri kehidupan umat manusia, sebagaimana diisyaratkan dalam ayat: Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar). (Q.S. al-Rum/30:41).

Baca juga : Mengenal Alam Mulk (1)

Konsep taskhir dalam Islam mempunyai prasyarat. Ketika manusia melupakan dirinya se­bagai hamba dan khalifah yang harus memakmurkan ­bumi, namun mereka melakukan eksplorasi alam yang melampaui ambang daya dukungnya, dan sesama mereka saling meng­hujat dan menyebabkan pertumpahan darah, sebagaimana dikhawatirkan malaikan dalam ayat tersebut di atas. Agaknya prediksi malaikat di dalam Q.S. al-Baqarahdi atas benar. Di mana-mana terjadi disrupsi lingkungan alam dan lingkungan hidup dan perang mengakibatkan pertumpahan darah antara sesama umat manusia.

Baca juga : Mengenal Alam Malakut (2)

Ketika manusia tidak lagi mengindahkan ketentuan Allah SWT, misalnya para penguasa tidak lagi memihak kepada keadilan dan kemaslahatan umat, mengabaikan akal sehat dan hati nurani, para pebisnis tidak lagi mengindahkan etika bisnis, para ulama dan ilmuan sudah kehilangan pertimbangan objek­tivitasnya, para buruh dan karyawan sudah kehilangan rasa ketulusannya, maka ketika itu bencana demi bencana senan­tiasa mengintai dalam masyarakat. Boleh jadi munculnya virus baru seperti Covid-19 merupa­kan bagian dari kegagalaman manusia sebagai khalifah. Manusia sudah tidak lagi memikirkan pola keseim­bangan dan keserasian ekosistem, ­mereka lebih banyak didikte oleh ego dan kerakusan, sehingga ­mereka menjadi khalifah tanpa di­bim­bing oleh hati Nurani. Akibatnya manusia sendiri harus me­nanggung berbagai resiko. Allahu a’lam.

Baca juga : Mengenal Alam Malakut (1)

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak edisi Senin, 4 Desember 2023 dengan judul "Teologi Lingkungan Hidup (75), Pandangan Kosmologi Islam (12), Mengenal Alam Mulk (2)"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.