Dark/Light Mode

Teologi Lingkungan Hidup (93)

Kecerdasan Burung Hud-hud (2)

Minggu, 24 Desember 2023 05:58 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Pelajaran berharga dari kisah ini, antara lain benar apa yang disampaikan Allah SWT dalam Al-Qur’an bahwa seluruh makhluk alam raya, termasuk burung-burung ditaklukkan: ”Apakah kamu tiada melihat bahwasanya Allah menundukkan bagimu apa yang ada di bumi dan bahtera yang berlayar di lautan dengan perintah-Nya.

Baca juga : Kecerdasan Burung Hud-hud (1)

Dan Dia menahan (benda-benda) langit jatuh ke bumi, melainkan dengan izin-Nya? Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Pengasih lagi Maha Penyayang kepada Manusia.” (Q.S. al-Hajj/22:65). Ini semua untuk mendukung kapasitas manusia sebagai khalifah di muka bumi (Q.S.al-Baqarah/2:30).

Baca juga : Belajar dari Burung Gagak

Kisah ini juga menunjukkan bahwa seluruh ciptaan Allah yang ada dimuka bumi perlu dipelihara dan dilestarikan untuk memberikan keberlanjutan fasilitas kehidupan dan kekhalifahan manusia di muka bumi. Termasuk di antaranya mengingatkan kita perlunya mempertahankan ekosistem dan memelihara lingkungan alam semesta.

Baca juga : Mengambil Iktibar Dari Komunitas Semut

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak edisi Minggu, 24 Desember 2023 dengan judul "Teologi Lingkungan Hidup (93), Kecerdasan Burung Hud-hud (2)"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.