Dark/Light Mode

Teosofi Haji (31)

Makna Spiritual Thawaf

Sabtu, 22 Juni 2024 05:00 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Makna spiritual thawaf bukan sekedar berjalan mengelilingi Ka’bah tetapi memiliki makna lebih mendalam. Kalangan sufi memaknai ra­hasia melampaui sekedar ritual fisik.

Di balik thawaf mencakup beberapa makna spirirual yang amat penting di­perhatikan. Pertama, thawaf melambangkan kesatuan dan ketauhidan, di mana setiap orang yang melakukan thawaf mengelilingi satu pusat, yaitu Ka’bah yang merupakan pusat grafitasi spiritual.

Baca juga : Misteri Air Zamzam (2)

Ini mencerminkan bahwa Allah adalah pusat kehidupan dan keberadaan, dan semua makhluk bergantung kepada-Nya.

Kedua, thawaf merupakan simbol perjalanan spiritual seorang salik (pencari Tuhan) Pergerakan mengelilingi Ka’bah mencerminkan perjala­nan hati dan jiwa untuk mendekati Tuhan dan merasakan kehadiran-Nya. Itu sebabnya doa-doa yang dianjurkan dibaca saat berthawaf sebanyak tujuh putaran dianjurkan untuk dihayati.

Baca juga : Misteri Air Zamzam (1)

Tawaf melambangkan keesaan mutlak kepada Allah, di mana seorang hamba mengelilingi satu pusat yaitu Ka’bah, yang melambangkan bahwa Allah adalah pusat dan poros dalam kehidupan seorang mukmin.

Ketiga, thawaf dapat dilihat seb­agai proses penyucian jiwa dari dosa dan kesalahan. Dengan mengelilingi Ka’bah, seorang salik berusaha membersihkan dirinya dan mendekatkan diri kepada Allah, memohon am­punan dan rahmat-Nya, sekaligus bertekad untuk meninggalkan secara total berbagai perbuatan dosa dan maksiyat.

Baca juga : Makna Spiritual Ka`bah (4)

Keempat, thawaf melambangkan kesinambungan dalam ibadah yang terus menerus dilaksanakan. Thawaf juga melambangkan ibadah dan pengabdian kepada Allah yang dilak­sanakan secara berjamaah atau individu. Ini mengajarkan bahwa seorang salik harus selalu berada dalam keadaan mengingat dan mendekatkan diri kepada Tuhan dalam setiap aspek kehidupan.

Itulah hakekat thawaf yang sesungguhnya, melambangkan kesediaan untuk meninggalkan seluruh ikatan atau kemelekatan kita terhadap penghuni alam semesta.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.