Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Setelah Edhy Dan Juliari, Siapa Menyusul?

Senin, 7 Desember 2020 04:35 WIB
Prof. Tjipta Lesmana
Prof. Tjipta Lesmana

RM.id  Rakyat Merdeka - Penangkapan Menteri Kelautan dan Perikanan (KP) Edhy Prabowo - kader kesayangan Prabowo Subianto, Ketua umum Partai Gerindra-beserta isterinya di bandara Soekarno-Hatta pada 25 Nopember 2020 sekitar pukul 00.30 WIB, menggemparkan rakyat Indonesia; sekaligus “menggoyang” pemerintahan Jokowi. Dengan kilat, berita yang menghebohkan itu viral di seluruh Nusantara.

Kemarin, 6 Desember 2020 pukul 04:00 WIB, Menteri Sosial (Mensos) Juliari P. Batubara, kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), datang ke kantor Komisi Pemberantasan (KPK) untuk menyerahkan diri. Dua jam sebelumnya, petugas KPK menciduk beberapa anak buah Mensos serta dua terduga penyuap dalam kasus penyaluran bantuan sosial (bansos).

Baca juga : Luhut Telah Melakukan Obstruction Of Justice?

Menurut Ketua KPK, Firli Bahuri, ada dugaan aliran uang dari Ardian IM dan Harry Sidabuke kepada Matheus Joko Santoso dan Adi Wahyono. Mensos Juliari disangkakan menerima aliran dana melalui Matheus Joko Santoso dan Shelvy N selaku sekretaris di Kementerian Sosial (Kemensos). Penyerahan uang akan dilakukan pada Sabtu, 5 Desember 2020. Sebelum transfer uang dilakukan, mereka diciduk petugaspetugas KPK melalui Operasi tangkap tangan (OTT).

Dua menteri dalam kabinet Jokowi tumbang dalam tempo singkat. Keduanya ditengarai terlibat dalam kasus korupsi dan langsung ditersangkakan KPK. Edhy Prabowo spontan mengundurkan diri sebagai Menteri KP dan digantikan Luhut Panjaitan. Karena Luhut mengemban tugas ke luar negeri, Presiden Jokowi pun menunjuk Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo sebagai Pelaksana tugas (Plt) Menteri KP. Sementara itu, Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Prof. Muhajir, ditunjuk Presiden untuk menjabat Plt Mensos.

Baca juga : Bagi-bagi `Benih Lobster` Di KKP?

Mensos Juliari Batubara sudah lama menjadi sorotan berbagai pihak karena dugaan korupsi dana bantuan sosial. Dua minggu yang lalu, penulis menyaksikan diskusi di sebuah stasiun televisi nasional mengenai dugaan penyelewengan dana bansos. Dengan suara keras seorang relawan Jokowi menuding Mensos terlibat dalam dugaan korupsi bansos itu. Relawan itu pun mengaku sudah melaporkan kasus ini kepada Presiden Jokowi seraya menyampaikan bukti-buktinya.

“Tunggu saja tanggal mainnya!” katanya, menantang pejabat Kemensos yang hadir dalam diskusi di televisi.

Baca juga : Negara Tidak Boleh Takluk Pada Ancaman Siapa Pun!

Mungkin tidak banyak orang yang mengetahui bahwa Kemensos kini mempunyai anggaran belanja terbesar dari semua kementerian/instansi pemerintah. Ketika RAPBN 2020 diumumkan pada Pidato Kenegaraan Presiden Jokowi, Agustus tahun lalu, Kementerian Pertahanan (Kemenhan) tercatat instansi pemerintah dengan anggaran belanja terbesar, sekitar Rp 120 triliun.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.