Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Hiruk-Pikuk Hibah Rp 2 Triliun

Kamis, 5 Agustus 2021 07:40 WIB
Prof. Tjipta Lesmana
Prof. Tjipta Lesmana

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketika keluarga Akidi Tio dikabarkan menyerahkan hibah sebesar Rp 2 triliun kepada Kapolda Sumatera Selatan pada 26 Juli 2021, yang terjadi sebetulnya bukan menyerahkan hibah dengan jumlah uang yang sangat spektuker. Yang terjadi ketika itu hanyalah intention atau pernyataan niat keluarga Akidi Tio untuk menyumbangkan dana sebesar Rp 2 triliun kepada masyarakat melalui Kapolda Sumatera Selatan untuk membantu biaya penanggulangan pandemi Covid-19.

Baca juga : Covid Peluang Memeras Orang Tertimpa Kesusahan

Pada hari itu, beredar luas di media massa dan media sosial sebuah foto bergambar puteri Almarhum Akidi Tio,  Ny. Heriyati, Kapolda Sumsel Inspektur Jenderal Pol.  Eko Indra Heri, Dokter penasehat pribadi Keluarga Tio, Prof. Dr. Hardi Dermawan dan Komandan Korem 044/Gapo,  Brigadir Jenderal TNI Jauhari Agus Suraji. Kapolda, Ny, Heriyati dan Prof. Dermawan secara bersama memegang papan kecil terbuat dari bahan styrofoam warwa-warni bertuliskan “Sumbangan untuk Penanggulangan Covid-19. Dari : Alm Bpk. Akidi Tio dan Keluarga Besar Sebesar Rp 2 Triliun”.  

Baca juga : Peran Pupuk Melawan Rezim Impor Beras

Dalam ilmu komunikasi, Teori Fishbein mengatakan, sebelum seseorang melakukan communicaton act (tindak komunikasi), ada 3 proses lebih dulu: yaitu menunjukkan belief (kepercayaan), sikap (attitude) dan intention (niat). Baru setelah ada niat, kita melakukan komunikasi (action).        

Baca juga : Pinangki, Putusan Hukum Yang Mencoreng Wajah Hukum Indonesia

Perhatikan sekali lagi secara saksama apa yang tertulis di atas papan styrofoam warna-warna itu: “Sumbangan untuk Penanggulangan Covid-19. Dari: Alm Bpk. Akidi Tio dan Keluarga Besar Sebesar Rp 2 Triliun”. Yang diserahkan keluarga Tio hanyalah niat mereka untuk menyerahkan sumbangan sebesar Rp 2 triliun. Penyerahan uangnya sendiri (communication act) sesungguhnya belum terjadi.     
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.