Dark/Light Mode

Peran Politik Santri Dalam Lintasan Sejarah (4)

Peran Pesantren Di Kehidupan Sosial-Politik (3)

Sabtu, 21 Agustus 2021 06:18 WIB
Nasaruddin Umar
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

 Sebelumnya 
Sejumlah pesantren selanjutnya melaku­kan berbagai program kerjasama pemban­gunan, baik melalui Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) maupun Pemerintah, dengan meletakkan harapan pada pe­santren dalam usaha mereka memajukan pembangunan khususnya di pedesaan.

Baca juga : Peran Pesantren Dalam Kehidupan Sosial-Politik (2)

Pesantren-pesantren seperti Maslakul Huda, Pati, Jawa Tengah, Pesantren Hidayatullah Balikpapan, Pesantren Cipasung, Tasikmalaya, Jawa Barat, dan Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo adalah beberapa di antaran­ya yang dapat disebutkan.

Baca juga : Peran Pesantren Dalam Kehidupan Sosial-Politik (1)

Sejak itu, pesantren tidak hanya mengambil posisi sebagai pusat pen­didikan Islam, tetapi juga mulai menga­rahkan aktivitasnya pada upaya pening­katan kesejahteraan masyarakat.

Baca juga : Peran Politik Santri Pasca Kemerdekaan (Orde Baru) (8)

Di pesantren Darul Falah misalnya, dalam pengabdian kepada masyarakat mengkhususkan diri pada bidang perta­nian. Karena itu, penekanan utama pada pesantren ini adalah bidang pertanian. Gerakan pertanian merupakan bentuk gerakan solidaritas pertanian yang di­gunakan para pemimpin Islam dalam perlawanan penjajahan Belanda. (*)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.