Dark/Light Mode

Tunda Dulu Ambisi Ekspor Beras (1)

Kamis, 26 Agustus 2021 08:23 WIB
Prof. Tjipta Lesmana
Prof. Tjipta Lesmana

 Sebelumnya 
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo yang langsung mengingatkan pemerintah pusat untuk memperhitungkan dengan matang rencana melakukan impor beras sebanyak 1 juta ton, karena para petani mulai memasuki musim panen.

Baca juga : Renungan Atas Jatuhnya Kabul

Menurut Menteri Perdagangan, pemerintah baru sebatas buat MoU dengan Thailand dan Vietnam. Tindakan ini dirasakan perlu sebab jika mendadak Indonesia kekurangan beras, segera bisa dilakukan, pengapalan dari kedua negara tersebut. Paling tidak, 6 bulan lagi impor beras baru direalisir.  

Baca juga : Hiruk-Pikuk Hibah Rp 2 Triliun

Alhasil, sejak Maret hingga Agustus tahun ini, surplus produksi beras Indonesia tercatat berturut-turut 2,8 juta ton, 2,74 juta, 0,05 juta, 0,10 juta, 0,21 juta dan 0,75 juta ton. Prediksi produksi beras September-Desember mencapai 2,38 juta ton. [BERSAMBUNG]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.