Dark/Light Mode

Vape Diproduksi Bukan Untuk Remaja Yang Mau Gaya-gayaan

Sabtu, 27 November 2021 07:10 WIB
Ilustrasi larangan vape bagi remaja. (Foto: Ist)
Ilustrasi larangan vape bagi remaja. (Foto: Ist)

 Sebelumnya 
"Sensor ini sudah bisa mendeteksi usia konsumen dari wajah. Jika yang beli di bawah umur tidak akan diperkenankan," beber Yudhi.

Lalu pada program kedua, Golden Shield, perusahaan mencegah masuknya produk palsu atau abal-abal. Tujuannya untuk melindungi konsumen agar bisa mendapatkan produk vape berkualitas dengan standar yang sudah ditetapkan perusahaan. "Di China, RELX sudah bekerja sama dengan pemerintah untuk memonitor produk palsu," jelasnya.

Yang terakhir, Green Shoots, perusahaan membantu pemberdayaan ekonomi kepada pelaku usaha pemula. Pemberdayaan ekonomi ini dilakukan melalui payung RELX Academy.

Baca juga : Produksi Kunyit Aman Untuk Kebutuhan Dalam Negeri

Yudhi mengaku tengah menunggu pengaturan yang jelas dari pemerintah. Tujuannya, agar peredaran lebih terkendali, serta mencegah usia anak untuk terlindungi dari penggunaan vape. "Ayo kita sama-sama mencegah pengguna vape kalangan di bawah umur," ajak Yudhi.

Di Inggris vape sudah dijadikan alternatif bagi masyarakat untuk berhenti merokok. RELX sendiri berdiri tahun 2018. Tujuan brand adalah menyasar pengguna dewasa. Saat ini RELX juga sudah tersebar di 20 negara.

Dosen dan Peneliti Universitas Padjadjaran Dr. Drg. Amaliya menyarankan, remaja yang belum pernah merokok perlu mendapat perlindungan agar tidak mencicipi jenis tembakau apapun. 

Baca juga : Trimedya: Kerja Densus Bukan Untuk Bubarkan MUI

Karena itu, dia mendukung rencana pelaku usaha vape agar dibuat pencegahan. "Edukasi dan penyuluhan sangat diperlukan. Risikonya juga perlu ditekankan disampaikan ke pada anak-anak," sarannya. 

Dia menegaskan, tingkat bahaya atau risiko vape memang ada. Tapi, dibanding rokok konvensional, risikonya lebih rendah. "Tapi ya tidak dianjurkan juga untuk anak usia di bawah 18 tahun," tegas Amalia.

Dia menegaskan, meski vape tidak boleh dikonsumsi remaja, namun tidak berarti dilarang peredarannya. Jangan sampai dibanned.

Baca juga : Cegah Bencana Di Musim Hujan, Ganjar Pranowo Ajak Masyarakat Tanam Pohon

"Karena manfaatnya vape adalah alternatif bagi yang ingin menghentikan produk rokok yang dibakar. Ini sangat membantu," ungkap dia.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.