Dark/Light Mode

Hujan Hitungan Jam, Jalanan Jakarta Banjir

Sumur Resapan Disorot Lagi

Kamis, 20 Januari 2022 06:45 WIB
Kendaran melintasi banjir di Jalan Ahmad Yani, Jakarta Timur, Selasa (18/1/2022). (Foto: Putu Wahyu Rama/RM.id)
Kendaran melintasi banjir di Jalan Ahmad Yani, Jakarta Timur, Selasa (18/1/2022). (Foto: Putu Wahyu Rama/RM.id)

 Sebelumnya 
19 Titik Genangan

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan, ada belasan titik genangan di Ibu Kota. “Total ada 19 titik genangan,” kata Riza di Balai Kota DKI, Selasa (18/1).

Dia memerinci, di wilayah Jakarta Timur ada tiga ruas jalan yang tergenang. Yakni, Jalan Utan Kayu Utara, Jalan Bojana Tirta dan Jalan Ahmad Yani samping tol.

Baca juga : 19 Titik Jalan di Jakarta Terendam Banjir, DPRD DKI Pertanyakan Efektivitas Sumur Resapan

Di Jakarta Barat, ada 12 genangan. Yakni, depan Hotel Samala Cengkareng, Alpukat 13 Tanjung Duren Utara, Jalan Dharma Wanita II, RW 03 Rawabuaya, Jalan KH Abdul Wahab RT 8 RW 6, Jalan Patra, RT3/RW2, Perumahan Green Garden Blok A7 no 1 dan Jalan Kumbang Raya RW 10 RW01/RT03.

Kemudian, Jalan Hayam Wuruk, Jalan Raya Prepedan, Pergudangan Miami serta Jalan Lingkar Luar Barat dari Kapuk menuju lampu merah Cengkareng.

Sementara di Jakarta Utara, menurut Riza, ada tiga ruas, yakni Jalan Marunda Makmur, Jalan Yos Sudarso arah tol Priok, Kelapa Gading Barat Jalan Boulevard Barat, dan Jalan Boulevard Raya. Dan Jakarta Pusat, satu ruas, di Jalan Gunung Sahari.

Baca juga : Pulihkan Ekonomi, Tito Minta Kepri Tetap Jalankan Program Pembangunan Di Saat Pandemi

Politikus Partai Gerindra ini mengimbau warga DKI berhati-hati. Sebab, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sudah memberi peringatan intensitas hujan tinggi pada Januari-Februari.

Riza bilang, Pemprov DKI juga akan menyiapkan logistik, lokasi pengungsian dan berbagai tenaga. “Beberapa genangan itu kita pastikan segera surut,” janjinya.

Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI, Selasa (18/1), per pukul 18.00 WIB, banjir melanda 47 Rukun Tangga (RT) dan mengakibatkan 9 kepala keluarga (KK) atau 57 jiwa mengungsi.

Baca juga : Diserang Covid-19, Enam Sekolah Di Jakarta Timur Hentikan PTM

“Informasi genangan saat ini ada 47 RT atau 0,154 persen dari 30.470 RT yang ada di Jakarta dan 8 ruas jalan tergenang. Pengungsi: Kelurahan Tegal Alur 9 KK, 57 jiwa di Rusun Tegal Alur,” tulis BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) DKI Jakarta.

Wilayah Jakarta Barat merupakan area yang paling banyak tergenang banjir dengan 46 RT. Yakni, Kelurahan Kapuk yang ketinggian airnya mencapai 50 cm dan melanda 18 RT. Kemudian Kelurahan Cengkareng Timur dengan ketinggian 40-70 cm dengan jumlah 6 RT.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.