Dark/Light Mode

Dipatok Beroperasi April 2023

Sodetan Ciliwung Diyakini Ampuh Tekan Banjir Jakut

Rabu, 18 Januari 2023 07:30 WIB
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono saat meninjau proyek pembangunan Sodetan Kali Ciliwung, Kamis (1/12). (Foto: Dok. Pemprov DKI).
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono saat meninjau proyek pembangunan Sodetan Kali Ciliwung, Kamis (1/12). (Foto: Dok. Pemprov DKI).

 Sebelumnya 
Anggota Komisi D DPRD DKI Jakarta, August Hamo­nangan berharap, Pemprov DKI dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memperkuat kerja sama untuk melaksanakan nor­malisasi sungai.

Dia mengingatkan, agar Pem­prov segera menyelesaikan proses pembebasan lahan. Apalagi, masalah itu selama ini yang membuat proyek itu mendekati. Pembebasan lahan bantaran kali yang sudah diproses sebai­knya segera dieksekusi dengan penurapan.

“Pemprov DKI harus bergerak cepat. Penurapan bisa pararel dengan pemberian ganti untung atau pemindahan warga ter­dampak,” katanya.

Baca juga : Dave Laksono: Koperasi Berperan Penting Bagi Perekonomian Nasional

Dia mengapresiasi pihak-pihak yang selama ini terus berupaya menciptakan kondisi sungai yang bersih. Mereka yakni, Kementerian PUPR khususnya Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung-Cisadane (WSCC), Dinas Sumber Daya Air (SDA), camat dan lurah sekitar bantaran Kali Ciliwung. Wilayah ban­taran tersebut meliputi Sreng­seng Sawah, Lenteng Agung, Pejaten Timur, Rawajati, Penga­degan, Kebon Baru, Bukit Duri dan Manggarai.

August menyarankan, Pem­prov DKI meminta bantuan tokoh masyarakat atau tokoh agama setempat, untuk mengedukasi masyarakat yang tidak mau direlokasi.

Relokasi Warga

Baca juga : Masuk Peringkat 13, Jokowi Diyakini Dapat Dukungan Kuat Dari Rakyat

Sebelumnya, Pemerintah Kota Jaktim menggusur 59 bangunan yang berada di bantaran Kali Ciliwung di Jalan IPNKebon Nanas, Cipinang Besar. Penertiban ini dilakukan dalam rangka pembangunan proyek sodetan Kali Ciliwung menuju Kanal Banjir Timur (KBT).

“Dengan membangun sodetan, rumah warga yang berada dekat aliran kali Ciliwung bisa terbebas dari banjir,” kata Wali Kota Jakarta Timur, M Anwar, Kamis (12/1).

Lokasi pembangunan sodetan itu merupakan aset Pem­prov DKI.

Baca juga : Bersiap, Lonjakan Covid Varian Baru

Pemkot Jaktim sudah me­nyiapkan berbagai solusi bagi warga terdampak. Antara lain 26 Kepala Keluarga ber-KTP DKI Jakarta akan direlokasi ke rumah susun. Dan, 9 orang pedagang akan ditempatkan di pasar di bawah binaan PD Pasar Jaya seperti di Pasar Embrio Kecamatan Makasar.

“Sedangkan untuk warga terdampak yang ber-KTP luar Jakarta sebanyak 12 Kepala Keluarga akan diantar pulang ke kampung halamannya masing-masing,” ujar Anwar. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.