Dark/Light Mode

Kapolda Jatim Pastikan Tak Ada Rasisme Terhadap Mahasiswa Papua

Senin, 19 Agustus 2019 15:43 WIB
Kapolda Jatim Pastikan Tak Ada Rasisme Terhadap Mahasiswa Papua

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur menegaskan tidak ada anggotanya yang mengucapkan kata-kata rasis saat mengamankan 43 mahasiswa Papua terkait adanya temuan pembuangan bendera Merah Putih di depan asrama Papua di Surabaya, Jumat (16/8).

Kabid Humas Polda Jawa Timur Kombes Pol Frans Barung Mangera membantah adanya isu rasis dengan ucapan kata hewan terhadap mahasiswa Papua.

Baca juga : Polda Jateng: Tak Ada Indikasi Sabotase Atau Terorisme Dalam Kasus Mati Listrik Massal

"TIdak ada anggota kepolisian yang menyampaikan kata kata rasis. Kalaupun ada OKP (organisasi kepemudaan) kami akan lakukan penyelidikan," ujarnya seperti dikutip Antaranews, Senin (18/8).

Barung juga mengatakan, hingga saat ini polisi tidak melakukan penahanan terhadap mahasiswa Papua, tapi hanya mengamankan puluhan mahasiswa Papua yang ada di Surabaya agar tidak terjadi bentrok dengan organisasi masyarakat.

Baca juga : Pasca Pemadaman Listrik, BRI Pastikan Operasional Bank Aman Terkendali

Pengamanan pun tidak berlangsung lama, karena pada malam harinya para mahasiswa telah dipulangkan.

"Kami tegaskan tidak ada penahanan, tidak ada penangkapan, yang ada kami mengamankan 43 mahasiswa tersebut dikarenakan situasi dimana ada masyarakat dan beberapa OKP, ormas akan masuk. Kalau tidak diamankan, akibatnya justru terjadi bentrok masyarakat dengan mahasiswa," tutur Barung. (NOV)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.