Dark/Light Mode

Lahan Sempit, Penduduk Nambah

60 Persen Warga Ibu Kota Tinggal Di Daerah Kumuh

Selasa, 12 September 2023 07:30 WIB
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono. (Foto: Antara)
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyebut 60 persen lebih rumah tangga atau keluarga di Ibu Kota tinggal di hunian tak layak. Hal ini terjadi akibat dampak keterbatasan lahan, sementara jumlah penduduk terus bertambah.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) menyebut, jumlah pen­duduk DKI Jakarta pada 2021 mencapai 10,61 juta jiwa dengan luas wilayahnya 664,01 kilo me­ter (km) persegi. Ini berarti ke­padatan penduduk DKI Jakarta 15.978 jiwa per km persegi atau tiap 1 km persegi dihuni oleh hampir 16 ribu jiwa.

Baca juga : Warga Tergusur JIS Ngotot Tinggal Di Kampung Susun

Sedangkan, Data Kementerian Agraria dan Tata Ruang atau Ba­dan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) mengungkapkan, sebanyak 118 dari 267 kelurahan memiliki kawasan kumuh. Paling banyak terdapat di wilayah Jakarta Utara, yaitu sekitar 39 persen. Kemudian Jakarta Barat 28 persen, Jakarta Selatan 19 persen, Jakarta Timur 12 persen, Jakarta Pusat 11 persen, dan Kepulauan Seribu 1 persen.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengimbau semua pihak untuk terlibat dalam pro­gram peningkatan kualitas hidup masyarakat. Yakni, bersinergi dengan sejumlah stakeholder dan pihak swasta untuk menghadir­kan hunian layak melalui Program Bebenah Kampung.

Baca juga : Gelar Simulasi, Pandawa Ganjar Bantu Persiapan Warga Kota Palangkaraya Jadi CPNS 

Pada Minggu (10/9), Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menyerahkan kunci tujuh rumah hasil program yang diinisiasi oleh Yayasan Buddha Tzu Chi di Jalan Matraman Dalam 3, Kelurahan Pegangsaan, Keca­matan Menteng, Jakarta Pusat.

Heru mengapresiasi Yayasan Buddha Tzu Chi serta warga yang turut mendukung proses pembangunan dan perbaikan, se­hingga renovasi rumah tersebut dapat selesai dengan baik.

Baca juga : HT Targetkan Perindo Raup Suara 10 Persen Lebih Di Sumut

“Ini adalah bukti nyata kerja keras, kerja sama dan kepedulian berbagai pihak untuk menghadirkan hunian dan lingkungan yang layak bagi masyarakat Jakarta,” kata Heru.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.