Dark/Light Mode

Tembus Rp 120 Ribu Per Kg

Harga Cabe Makin Pedas

Jumat, 8 Desember 2023 07:30 WIB
Pedagang memilah cabe merah dan cabe rawit di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta, Kamis (30/11/23). (Foto: Patrarizki Syahputra/Rakyat Merdeka/RM.id)
Pedagang memilah cabe merah dan cabe rawit di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta, Kamis (30/11/23). (Foto: Patrarizki Syahputra/Rakyat Merdeka/RM.id)

 Sebelumnya 
Pasokan Turun

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Suharini Eliawati mengakui, terjadi penurunan pasokan cabe di Jakarta je­lang Nataru 2023. Eli, sapaan akrab Suharini Eliawati bilang, penurunan pasokan tersebut dis­ebabkan produksi cabe menurun akibat musim kemarau.

Meski begitu, Eli memastikan stok pangan di Jakarta aman terkendali jelang Nataru.

Baca juga : Luhut Merasa Makin Bugar

“Untuk menjaga stabilitas harga pangan menjelang akhir 2023, kami sudah melakukan berbagai upaya,” kata Eli.

Upaya tersebut, papar Eli, pertama mengembangkan program pertanian perkotaan melalui pe­nanaman berbagai macam jenis sayuran di lahan milik Pemprov DKI Jakarta.

Kedua, pelaksanaan pangan keliling oleh BUMD DKI Ja­karta, yakni PT Food Station Tjipinang Jaya, Perumda Pasar Jaya, dan Perumda Dharma Jaya di kantor kelurahan, kecamatan maupun wali kota. Ketiga, sinergitas dengan Pemerintah Pusat dengan pendistribusian beras.

Baca juga : Jemaah Harap-harap Cemas

“Dan terakhir, kami melak­sanakan program pangan ber­subsidi bagi masyarakat tertentu melalui penyediaan beras, telur ayam, daging ayam, daging sapi, susu UHT dan ikan kem­bung,” tegasnya.

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan Zulkifli Hasan mengatakan, pihaknya akan men­cari cara mengatasi harga cabe yang akan sangat berpengaruh terhadap inflasi, terutama di Jakarta. Zulkifli meminta, Pemprov DKI Jakarta melakukan langkah konkret. Yakni, memberikan subsidi ongkos kirim dari pasar produksi cabe agar harga bisa ditekan.

“Ongkos angkutnya ditang­gung Pemda, sehingga bisa turun,” kata Zulkifli.

Baca juga : Amran Memanusiakan Petani

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Jumat 8/12/2023 dengan judul Tembus Rp 120 Ribu Per Kg, Harga Cabe Makin Pedas

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.